Cara Mengatasi Suara Pada AirPods yang Kecil

AirPods / AirPods Pro merupakan salah satu Earphone Wireless dengan kualitas terbaik yang dimiliki oleh Apple saat ini, wajar saja dengan harganya yang cukup mahal AirPods / AirPods Pro dapat memberikan pengalaman yang berbeda saat mendengarkan musik, belum lagi di tambah dengan beberapa fitur lainnya seperti tahan air dan keringat, peredam kebisingan dan lain sebagainya sehingga cocok juga digunakan saat berolah raga.




Namun begitu AirPods tidak lepas dari yang namanya masalah, apabila kalian mengalami masalah suara yang kecil pada AirPods pada postingan ini saya akan membahas bagaimana dan apa saja cara yang dapat kalian lakukan untuk mengatasinya, kalau begitu langsung saja berikut caranya :

Besarkan Volume di iPhone


Di karenakan AirPods tidak memiliki pengontrol volumenya sendiri, jadi pastikan kalian sudah membesarkan volume pada iPhone atau perangkat yang tersambung dengan AirPods tersebut.

Restart iPhone

Terdengar sederhana namun dengan melakukan restart ( mematikan kemudian menyalakan kembali iPhone ) biasanya masalah-masalah umum yang sering terjadi akan teratasi dengan mudah setelah restart.

Sambungkan Ulang AirPods

Coba untuk memutuskan sambungan bluetooth antara iPhone dan AirPods kemudian sambungkan kembali, caranya silahkan masuk ke menu Bluetooth pada aplikasi Pengaturan iPhone kemudian di samping menu nama AirPods pilih icon bertanda (i) kemudian pilih Lupakan Perangkat ini setelah itu silahkan sambungkan kembali dan lihat hasilnya.

Cek Batas Volume


Ini adalah hal yang penting untuk di perhatikan, pastikan kalian tidak membatasi ukuran volume pada iPhone, untuk melakukan pengecekan silahkan masuk ke menu Pengaturan > Musik > Batas Volume dan pastikan volume dalam keadaan penuh.

Baca Juga : Cara Connect / Menyambungkan AirPods Apple ke Android

Nonaktifkan Pengaturan Equalizer / EQ

Menggunakan Equalizer untuk merubah pengalaman saat mendengarkan musik? bisa jadi rendahnya suara diakibatkan oleh settingan Equalizer yang tidak tepat silahkan matikan efek EQ melalui menu Pengaturan > Musik > EQ > Mati.

Pastikan Keseimbangan Audio


Apabila AirPods kalian hanya besar / kecil sebelah kemungkinan hal ini disebabkan oleh pengaturan Audio yang kurang tepat, pastikan pengaturan keseimbangan Audio pada iPhone kalian sudah seimbang, caranya masuk ke Pengaturan > Aksesibilitas > Audio/Visual kemudian pada menu Keseimbangan pastikan titip putih berada dibagian tengah.

Reset AirPods ke Pengaturan Pabrik!

Apabila cara-cara diatas tidak juga membuahkan hasil coba reset pengaturan AirPods kalian ke pengaturan awal / pabrik, caranya silahkan baca pada artikel berikut : Cara Reset AirPods / AirPods Pro ke Pengaturan Pabrik

Reset Pengaturan iPhone


AirPods ternyata bisa bekerja pada smartphone atau iPhone lainnya? hal ini menandakan ada pengaturan yang mungkin tidak beres pada iPhone kalian, silahkan lakukan reset pengaturan tanpa menghapus data melalui aplikasi Pengaturan > Umum > Atur Ulang > Atur Ulang Pengaturan.

Update versi iOS

Pastikan juga versi iOS kalian sudah di update ke versi terbaru yang tersedia, untuk cara cek dan download pembaruan iOS silahkan buka Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

Bagaimana? apakah masalah suara volume pada airpods kalian yang kecil sudah teratasi dengan salah satu diatas? kalau ya.. selamat kalau belum kalian bisa membawa AirPods kalian ke Authorized Service Center Apple untuk diperiksa atau jika yakin AirPods mengalami kerusakan pertimbangkan juga untuk digaransikan apabila masih masuk dalam masa garansi.

Baca Juga : Cara Mengecek Serial Number pada AirPods / AirPods Pro

Baik sekian cara-cara memperbaiki suara AirPods yang kecil, apabila ada yang ingin ditanyakan, sampaikan atau mungkin ada yang mau menambahkan? silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!