Cara Install File IPA Di iPhone Dengan AltStore Tanpa Komputer / Jailbreak

Seperti yang kita ketahui saat ini aplikasi Cydia Impactor yang biasa kita gunakan untuk menginstall (sideload) file aplikasi atau games dengan format .IPA ke dalam iPhone atau iPad, sedang mengalami masalah dimana Cydia Impactor akan memberikan pesan peringatan untuk mengupdate ke Xcode 7.3 yang tidak kunjung diperbaiki hingga saat ini.

Namun tidak perlu khawatir, saat ini sudah muncul alternatif pengganti Cydia Impactor yang lebih mudah digunakan, yaitu AltStore.


AltStore sendiri merupakan salah satu alternatif pengganti Cydia Impactor yang bisa dibilang lebih praktis, sebab kalian dapat langsung menginstall file .IPA melalui iPhone ataupun iPad tanpa bantuan komputer dan tanpa jailbreak juga.

Cara Kerja AltStore

Cara kerjanya mudah, pertama-tama kalian diharuskan untuk menginstall aplikasi AltStore terlebih dahulu ke dalam iPhone, karena melalui aplikasi AltStore inilah semua file .IPA akan diinstall secara otomatis ketika file .IPA tersebut dibuka / dikirimkan ke aplikasi AltStore.

Lalu untuk mengirim atau menginstall file .IPA yang diinginkan melalui aplikasi AltStore dapat dilakukan dengan dua cara :

  • Pertama dengan mendownload file .IPA dari browser Safari kemudian membukanya (ditransfer) ke dalam aplikasi AltStore
  • Kedua dengan cara mengimport (transfer) file .IPA yang diinginkan dari komputer ke dalam aplikasi File Manager (aplikasi yang mendukung file sharing) didalam iPhone, dan dari aplikasi File Sharing itulah file .IPA tersebut akan dibuka ke aplikasi AltStore.

Sama seperti Cydia Impactor aplikasi yang terinstall pada iPhone kalian akan bertahan selama 7 hari termasuk AltStore itu sendiri, namun kabar baiknya AltStore otomatis akan memperpanjang durasi 7 hari tersebut apabila iPhone kembali terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama dengan komputer dimana server AltStore terinstall, baik biar tidak bingung langsung saja praktekan cara-caranya di bawah berikut.

Cara Install AltStore dan File .IPA Langsung dari iPhone Tanpa Jailbreak & Tanpa Komputer

Pertama-tama disini kita akan menginstall aplikasi AltStore itu sendiri terlebih dahulu ke dalam iPhone kalian, namun untuk menginstall AltStore kedalam iPhone, kalian tetap membutuhkan bantuan komputer dan hal ini hanya dilakukan sekali saja (yang penting AltStorenya sudah terinstall ke iPhone).

Kalau begitu langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

Hal yang perlu disiapkan:


Kalau sudah silakan lanjutkan ke installasi AltStore:

1. Pertama pastikan komputer yang kalian gunakan sudah terinstall aplikasi iTunes dan iCloud jika belum silahkan download melalui link berikut. (jangan install melalui Microsoft Store)

Download - iTunes
Download - iCloud

2. Setelah itu keduanya terinstall silahkan download program AltStore melalui link berikut

Download - AltStore

3. Jika sudah sekarang sambungkan iPhone ke dalam komputer kemudian buka aplikasi iTunes lalu klik pada menu iPhone kalian (yang dipojok kiri atas)

4. Lalu pada menu Options silahkan nyalakan menu "Sync with this iPhone over Wi-Fi" jika sudah klik Done > Apply


5. Sekarang silahkan install program AltStore dengan membuka file Setup.exe dan lanjutkan proses installasi seperti biasa

6. Selanjutnya jalankan program AltStore dengan cara buka jendela Start lalu pilih AltServer


7. Jika sudah dijalankan otomatis program AltServer akan muncul pada area Notifikasi yang ada dipojok kanan bawah (pengguna Windows)


8. Sekarang klik icon AltServer yang ada pada area notifikasi tersebut kemudian klik Install AltStore kemudain klik perangkat yang akan diinstall


Lanjutkan dengan masukkan Apple ID kalian, apabila ragu kalian dapat membuat Apple ID yang baru


10. Kemudian klik Install

11. Tunggu hingga proses installasi selesai, jika berhasil akan muncul notifikasi seperti pada gambar berikut


12. Sekarang cek iPhone kalian maka aplikasi AltStore sudah terinstall ke dalam iPhone

Catatan apabila saat membuka AltStore muncul peringatan (Pengembang yang Tidak Dipercaya), silahkan masuk ke aplikasi Pengaturan > Umum > Profil / Manajemen Perangkat > (email kalian) > Percayai(email kalian) > Percayai, jika sudah coba buka kembali dan lihat hasilnya.

Lanjutkan ke cara menginstall file .IPA menggunakan AltStore di bawah berikut.

Cara Install .IPA Menggunakan AltStore Langsung di iPhone

Apabila aplikasi AltStore sudah terinstall, sekarang buka aplikasi AltStore di iPhone kalian, kemudian masuk ke menu Settings lalu pilih Sign in with Apple ID selanjutnya silakan login kembali Apple ID yang tadi sudah digunakan saat menginstall AltStore.

Jika sudah, sekarang ikuti cara dibawah ini untuk transfer / membuka file .IPA yang ingin diinstall ke dalam aplikasi AltStore, dan perlu diingatkan lagi bahwa ketika file .IPA ditransfer atau dibuka melalui aplikasi AltStore maka secara otomatis file .IPA tersebut akan langsung diinstall oleh AltStore.

Metode #1: Install File IPA Langsung di iPhone

1. Pertama silakan download aplikasi .IPA yang ingin diinstall ke dalam iPhone melalui browser Safari

2. Setelah didownload silahkan buka atau tap pada file .IPA tersebut (biasanya akan diarahkan ke dalam aplikasi File)

3. Jika sudah sekarang tap dan tahan pada file .IPA kemudian pilih Bagikan > Salin ke AltStore


4. Secara otomatis kalian akan diarahkan ke aplikasi AltStore dan file .IPA yang dipilih tadi secara otomatis akan diinstall oleh AltStore

5. Tunggu hingga proses installasi selesai, jika sudah aplikasi akan masuk ke menu Installed dan  sekarang aplikasi tersebut sudah tersedia di home screen iPhone.


6. Selesai.. :)

Metode #2: Install File IPA yang Ditransfer dari Komputer

Untuk menginstall file .IPA yang ditransfer dari komputer, kalian membutuhkan aplikasi file sharing pihak ketiga seperti aplikasi File Manager terinstall di iPhone. Kemudian untuk mempermudah proses pengiriman (transfer dari PC ke iPhone) kalian bisa menggunakan aplikasi seperti 3uTools, kalau begitu langsung saja ikuti cara-caranya dibawah berikut ini.

1. Pertama download terlebih dahulu aplikasi file sharing untuk iPhone, seperti File Manager

2.
Jika sudah sekarang pada komputer kalian silakan install aplikasi 3uTools, download melalui link berikut: Download - 3uTools

3. Setelah 3uTools terinstall silahkan sambungkan iPhone ke komputer menggunakan kabel data lalu buka aplikasi 3uTools (jangan lupa buka password pada iPhone dan tap Percayai jika diminta)

4.
Apabila iPhone sudah terdeteksi oleh aplikasi 3uTools, sekarang klik pada menu Apps kemudian cari aplikasi File Manager yang sudah kalian install di iPhone tadi kemudian klik menu View disamping nama File Manager tersebut


5. Jika sudah sekarang pilih Import kemudian pilih file .IPA yang ingin ditransfer

6. Setelah selesai, buka aplikasi File Manager di iPhone kemudian tap pada file .IPA tersebut lalu pilih menu Open in dan pilih lagi Salin ke AltStore


7. Sama seperti cara pertama diatas, secara otomatis kalian akan diarahkan ke aplikasi AltStore dan file .IPA yang kalian pilih tadi secara otomatis akan diinstall

8. Tunggu hingga proses installasi selesai, jika sudah aplikasi akan masuk ke menu Installed dan  sekarang aplikasi tersebut sudah tersedia di home screen iPhone.

Memperpanjang Durasi 7 Hari Secara Otomatis

Untuk memperpanjang durasi aplikasi yang akan segera habis, kalian cukup menghubungkan antara iPhone dan komputer tempat program AltStore terinstall dan pastikan keduanya terhubung dengan jaringan Wi-Fi yang sama (pastikan juga program AltStore tetap berjalan di komputer), jika sudah maka secara otomatis program AltStore akan memperpanjang durasi aplikasi yang akan segera habis tersebut.

Baca Juga : Cara Fake GPS / Location di iPhone Tanpa Jailbreak

Bagaimana menurut kalian? meskipun cara-cara diatas terlihat rumit, namun sebenarnya sangat termata simple, hanya saja admin tulis dengan cukup panjang dengan harapan agar lebih mudah dimengerti.

Baik sampai disini dulu tutorial cara menginstall file .IPA menggunakan aplikasi AltStore tanpa komputer. Apabila ada yang ingin ditanyakan seputar tutorial diatas entah masih bingung atau ada proses yang kurang dimengerti, jangan ragu untuk meninggalkannya pada kolom komentar di bawah, terima kasih.