Cara Mengatasi iPhone yang Mengisi Daya hanya Sampai 80% Saja

Ada beberapa pengguna iPhone, iPad dan iPod touch yang mendapati bahwa perangkat mereka hanya mengisi daya hingga mentok di 80% saja.

Apabila kalian merupakan salah satu pengguna yang mengalaminya maka sepertinya tidak perlu terlalu khawatir, sebab pada umumnya hal tersebut bukanlah pertanda adanya kerusakan.


iPhone Panas/Overheat

Ketika iPhone mengalami overheat atau kepanasan maka untuk melindungi komponen baterai dari kerusakan iPhone akan membatasi pengisian daya hingga 80% saja.

Jadi, apabila iPhone kalian sedang dalam kondisi yang panas saat sedang dicharge, maka jangan heran jika iPhone membatasi pengisian daya hingga 80%.

Solusinya, silakan dinginkan iPhone terlebih dahulu dan coba charge kembali.

Pengisian Daya Optimal

Fitur 'Pengisian Daya Optimal' akan mempelajari kebiasaan pengguna dalam mengisi daya iPhone kemudian membatasi pengisian daya iPhone sampai ke angka 80% saja di waktu-waktu tertentu. Namun, akan melanjutkan kembali sampai ke angka 100% ketika iPhone mendeteksi waktu di mana pengguna akan segera menggunakan iPhone tersebut.

Kenapa dibatasi sampai 80%? tujuannya demi mencegah penurunan kesehatan baterai yang signifikan.


Seperti yang diketahui bahwa baterai merupakan komponen yang sangat kompleks dan rumit. Menurut beberapa penelitian mengisi dan membiarkan daya baterai iPhone hingga 100% dalam jangka waktu yang lama, dapat mempercepat penurunan kapasitas asli dari baterai tersebut (penurunan kesehatan baterai), sedangkan membatasi pengisian daya baterai hingga ke sekitar angka 80% saja akan membantu mempertahankan kapasitas asli baterai sehingga tetap terjaga (lebih awet).

Jadi sudah tau kan kenapa iPhone kalian tiba-tiba hanya melakukan pengisian daya hingga ke 80% saja?

Tetapi, apabila kalian memang tidak ingin iPhone membatasi pengisian daya ke 80% dan mengiginkan agar iPhone dapat kembali langsung melakukan pengisian daya hingga ke 100%, kalian dapat melakukannya dengan menonaktifkan fitur Pengisian Daya Optimal. Caranya langsung saja ikuti langkah-langkah di bawah berikut.

1. Silakan buka aplikasi Pengaturan

2. Kemudian masuk ke menu Baterai > Kesehatan Baterai


3. Lalu nonaktifkan fitur Pengisian Daya Optimal dan pilih lagi Matikan


Jika sudah sekarang iPhone tidak akan lagi membatasi baterainya untuk mengisi daya hanya sampai pada angka 80% di waktu-waktu tertentu, melainkan langsung melakukan pengisian daya hingga ke 100%.


Baik itu saja informasi cara mengatasi iPhone yang mengisi daya hanya sampai 80% saja, apabila ada yang ingin ditanyakan, atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.