Cara Jailbreak iOS 12.4.8 untuk iPhone 6, 6 Plus & 5S Menggunakan Unc0ver

Developer team Unc0ver baru saja mengumumkan Unc0ver 5.3.0 atau lebih baru yang sudah mendukung jailbreak iOS 12.4.8 untuk iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 5S, iPad Air (gen-1), iPad Mini 2, iPad Mini 3 dan iPod touch 6.


Jailbreak Unc0ver ini bersifat Semi-Untethered yang berarti kalian tidak memerlukan bantuan komputer untuk menginstallnya, namun ketika perangkat kalian yang sudah terjailbreak restart atau masuk ke dalam keadaan mati, maka jailbreak akan hilang. Tetapi tidak perlu khawatir ketika jailbreak hilang seluruh pengaturan jailbreak kalian tetap akan tersimpan, hanya saja tidak akan dapat dijalankan sebelum melakukan jailbreak ulang yang dapat dilakukan langsung dengan membuka aplikasi Unc0ver yang terinstall pada perangkat masing-masing.

Berikut perangkat yang dapat dijailbreak menggunakan Unc0ver 5.3.0 atau lebih baru:

  • iPhone 5S
  • iPhone 6
  • iPhone 6 Plus
  • iPad Air (generasi pertama)
  • iPad Mini 2
  • iPad Mini 3
  • iPod touch 6

Sebelum melanjutkan untuk melakukan jailbreak pastikan seluruh data pada iPhone, iPad atau iPod touch kalian sudah dibackup terlebih dahulu, segala resiko yang dapat terjadi ditanggung masing-masing, Do it at Your Own Risk!

Tutorial Jailbreak iOS 12.4.8 untuk iPhone 6, 6 Plus, 5S, iPad Air, iPad Mini 2, iPad Mini 3 dan iPod touch 6 Menggunakan Unc0ver

Pertama silakan download terlebih dahulu aplikasi jailbreak Unc0ver (format .IPA) versi terbaru melalui link berikut: https://unc0ver.dev/

Jika sudah silakan pilih salah satu metode di bawah berikut untuk menginstall aplikasi Unc0ver yang sudah didownload tersebut ke dalam perangkat kalian.

Cara Install aplikasi Unc0ver ke dalam iPhone, iPad atau iPod touch (pilih salah satu cara saja)

Cara #1: Install menggunakan AltStore

Setelah aplikasi Unc0ver didownload kita perlu menginstallnya ke dalam perangkat yang akan dijailbreak, cara yang paling admin sarankan adalah menggunakan AltStore.

AltStore merupakan aplikasi yang dirancang khusus untuk memanajemen aplikasi yang diinstall di luar App Store, caranya kerjanya mudah sekali kalian cukup menginstall aplikasi AltStore ke dalam iPhone kalian (menggunakan komputer), kemudian memasukan atau mengirim aplikasi Unc0ver ke dalam aplikasi AltStore agar nantinya di install secara otomatis oleh AltStore.

Untuk cara install AltStore beserta cara install aplikasi .IPA (dalam hal ini Unc0ver) silakan ikuti tutorial pada link berikut: Cara Install File IPA Di iPhone Dengan AltStore Tanpa Komputer / Jailbreak

Cara #2: Install menggunakan Cydia Impactor (sedang bermasalah)

Saat postingan ini ditulis Cydia Impactor sedang mengalami masalah saat akan mengintall aplikasi, namun apabila sewaktu-waktu Cydia Impactor sudah kembali berjalan, kalian bisa menggunakan cara pada link berikut untuk menginstall aplikasi .IPA (dalam hal ini Unc0ver) menggunakan Cydia Impactor: Cara Install Aplikasi IPA di iOS Tanpa Jailbreak

Selain AltStore sebagai alternatif Cydia Impactor, kalian juga dapat memanfaatkan aplikasi 3uTools untuk menginstall file .IPA ke dalam iPhone caranya silakan baca pada postingan berikut: Cara Install File IPA di iPhone Menggunakan 3uTools

Cara #3: Download Menggunakan 3uTools

Cara ini sangat cocok bagi yang tidak ingin repot-repot bermain dengan kedua metode di atas, kalian cukup menginstall aplikasi 3uTools di komputer kalian (khusus pengguna Windows saja), kemudian silakan hubungkan iPhone kalian ke komputer lalu buka aplikasi 3uTools kemudian pilih menu Jailbreak dan silakan install jailbreak yang diinginkan, untuk cara selengkapnya silakan kalian baca pada link berikut: Cara Jailbreak iPhone dan iPad Menggunakan 3uTools ( Alternatif )

Cara #4: Menggunakan Toko Aplikasi Pihak Ketiga (tanpa komputer)

Untuk yang satu ini lebih praktis, silahkan pilih salah satu toko aplikasi pihak ketiga yang akan digunakan untuk mendownload aplikasi Unc0ver. (buka link menggunakan aplikasi browser Safari bawaan iPhone dan iPad)


Cara install store pihak ketiga tersebut hampir sama semua, yaitu silahkan buka link store diatas selanjutnya tap tombol download pada store yang kalian pilih, kemudian masuk ke aplikasi Pengaturan > Umum > Manajemen Profil & Perangkat kemudian pilih menu Profil aplikasi store pihak ketiga yang tersedia lalu tap Percayai dan Install.

Sekarang buka aplikasi Store yang sudah terinstall di iPhone / iPad kalian lalu cari aplikasi Unc0ver (pastikan versi 5.3.0 atau lebih baru) dan tap Install, kemudian tunggu hingga proses install selesai. Jika sudah silahkan buka aplikasi Unc0ver. (apabila muncul error Untrusted Developer / Pengembang Tidak Dipercaya silahkan masuk ke aplikasi Pengaturan > Umum > Manajemen Profil & Perangkat kemudian pilih menu Profil untuk aplikasi Unc0ver lalu tap Percayai dan Install)

Cara Jailbreak iOS 12.4.8 Menggunakan Aplikasi Unc0ver (pastikan aplikasi Unc0ver sudah terinstall)

Apabila aplikasi Unc0ver sudah berhasil terinstall, silakan ikuti cara di bawah berikut untuk melakukan jailbreak.

1. Silakan backup seluruh data pada perangkat kalian terlebih dahulu untuk berjaga-jaga

2. Jika sudah silakan ikuti beberapa tips berikut untuk memperlancar proses jailbreak:

  • Hapus file OTA update (update iOS) "Jika Ada", caranya buka aplikasi Pengaturan > Umum > Penyimpanan iPhone kemudian cari file iOS (misalnya iOS 12.4.9) lalu hapus file tersebut.
  • Nyalakan Mode Pesawat
  • Nonaktifkan Mode Hemat Daya (jika dinyalakan)
  • Restart iPhone dan tunggu 1 atau 2 menit sebelum menjalankan aplikasi Unc0ver

3. Apabila sudah langsung saja buka aplikasi Unc0ver kemudian tunggu sekitar 10 - 15 detik lalu tap tombol Jailbreak


4. Apabila perangkat Restart silakan tunggu hingga 1 - 2 menit lalu buka aplikasi Unc0ver dan tunggu 10 - 15 detik lalu tap lagi tombol Jailbreak

Ulangi langkah diatas hingga iPhone berhasil terjailbreak dan menampilkan aplikasi Cydia.


Ingat jailbreak ini bersifat Semi-Untethered yang mana ketika perangkat dimatikan, restart atau masuk ke dalam keadaan mati maka jailbreak secara otomatis akan hilang. Untuk melakukan jailbreak ulang kalian hanya perlu membuka aplikasi Unc0ver dan menekan kembali tombol Jailbreak.

Selain itu aplikasi Unc0ver hanya bertahan selama 7 hari sekali, saran admin silakan gunakan AltStore untuk memperpanjang durasi aplikasi sebelum mencapai masa aktifnya.