Cara Mematikan Akses Data Seluler Aplikasi di iPhone

Hampir seluruh pengguna iPhone menggunakan Data Seluler sebagai koneksi internet di iPhone mereka, menggunakan data seluler berarti harus mendaftarkan layanan paket internet sesuai yang ditawarkan oleh masing-masing provider yang digunakan. Namun dalam beberapa kasus tertentu, ada beberapa aplikasi di iPhone kalian yang terkadang memakan cukup banyak kuota internet meskipun sedang tidak digunakan dan ya.. hal ini cukup menyebalkan.


Nah bagi pengguna iPhone dan iPad yang ingin membatasi penggunaan data seluler, kalian bisa menonaktifkan akses aplikasi ataupun games dalam menggunakan internet dari data seluler. Jadi secara otomatis apabila kalian sedang menggunakan sambungan internet dari data seluler, maka aplikasi atau games yang sudah dinonaktifkan aksesnya tidak akan lagi bisa terhubung internet.

Tetapi perlu diperhatikan meskipun aplikasi sudah dinonaktifkan akses ke data seluler, namun ketika kalian terhubung ke WiFi aplikasi secara otomatis tetap dapat menggunakan jaringan internet dari WiFi yang terhubung.

Baik kalau begitu langsung saja ikuti cara-cara berikut untuk mengatur akses (menonaktifkan atau menyalakan) penggunaan data seluler oleh aplikasi di iOS iPhone.

Cara Mengatur (Mematikan / Mengaktifkan) Akses Data Seluler Aplikasi di iPhone

#1 : Pertama silakan buka aplikasi Pengaturan

#2 : Kemudian masuk ke menu Seluler

#3 : Jika sudah seret menu ke bawah lalu matikan menu pada aplikasi atau games yang ingin dinonaktifkan / diaktifkan penggunaan data selulernya


#4 : Setelah itu apabila kalian membuka aplikasi atau games yang sudah dinonaktifkan penggunaan data selulernya, maka akan muncul peringatan seperti berikut


Bagaimana gampang kan? untuk saat ini kalian hanya bisa menonaktifkan akses internet untuk aplikasi hanya pada jaringan data seluler saja ya, untuk WiFi kalian tidak bisa melakukannya.

Pilihan lainnya selain mematikan akses data seluler pada aplikasi, kalian juga bisa menggunakan Mode Hemat Data untuk menekan penggunaan data, caranya silakan masuk ke aplikasi Pengaturan > Seluler > Pilihan data Seluler lalu nyalakan menu Mode Data Rendah.

Baca Juga : Cara Menghemat Kuota Internet di Aplikasi Spotify

Kalian juga bisa mempertimbangkan untuk menonaktifkan aktivitas aplikasi dilatar belakang, termasuk menggunakan data seluler dengan menonaktifkan fitur Segarkan App di Latar, caranya silakan buka aplikasi Pengaturan > Umum > Segarkan App di Latar > Segarkan App di Latar > Mati.

Khusus bagi yang menggunakan WiFi kalian bisa menghemat penggunaan data dengan mengaktifkan Mode Data Rendah juga, caranya? silakan baca pada postingan berikut : Cara Menyalakan / Mematikan Mode Data Rendah pada Wi-Fi di iPhone

Baik itu saja cara mematikan akses data seluler aplikasi di iPhone dan iPad, apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.