Cara Mengatasi Nama Kontak di WhatsApp yang Menghilang

Kontak di aplikasi WhatsApp kalian hanya menampilkan nomornya saja? namanya hilang? tidak perlu khawatir, disini kalian tidak sendiri admin pun pernah mengalami hal serupa di mana aplikasi whatsapp yang sering admin gunakan untuk berkomunikasi setiap harinya, tiba-tiba saja hanya menampilkan nomor kontak sedangkan namanya hilang.


Masalah ini kemungkinan besar diakibatkan kesalahan pada aplikasi WhatsApp dalam melakukan sinkronisasi terhadap kontak di perangkat iPhone atau Android kalian, sehingga menyebabkan kontak yang tidak dapat dibaca dengan benar, atau mungkin juga ada kesalahan-kesalahan pengaturan lainnya.

Baca Juga : Cara Menyimpan Status WhatsApp di Android (Foto & Video) Tanpa Aplikasi

Nah untuk mengatasi masalah ini mudah sekali, ada beberapa cara yang dapat kalian lakukan, kalau begitu langsung saja ikuti cara-cara mengatasi nama kontak di aplikasi whatsapp yang menghilang (tampil nomornya saja).

Restart Perangkat

Cara pertama yang wajib kalian lakukan adalah merestart perangkat, biasanya cara ini akan memperbaiki masalah tersebut apabila memang di sebabkan oleh bug. Tetapi jika masih tidak bisa juga, silahkan lanjutkan cara kedua di bawah berikut.

Cek Izin Akses aplikasi WhatsApp ke Kontak

iOS iPhone :
  • Untuk pengguna iOS iPhone silahkan buka aplikasi Pengaturan > Privasi > Kontak dan pastikan izin akses WhatsApp ke kontak sudah diaktifkan.

Android :
  • Untuk pengguna Android silahkan masuk ke menu Pengaturan Perizinan Aplikasi WhatsApp, caranya beragam mulai dari tap dan tahan icon WhatsApp (atau masuk ke Pengaturan > Aplikasi) kemudian pilih menu Info Perizinan Aplikasi > Kontak dan pastikan Izin Kontak pada aplikasi WhatsApp sudah diaktifkan.

Jika izin kontak sudah dalam keadaan aktif namun masih belum bisa juga, sekarang langsung ke cara paling ampuh di bawah berikut.

Hapus Akun lalu Login Kembali

Cara ini merupakan cara paling ampuh (admin sendiri berhasil dengan cara ini), dimana kalian perlu menghapus akun nomor WhatsApp kalian, setelah itu memasukkan atau mendaftarkannya kembali seperti biasa.

Namun kekurangannya history / riwayat chat WhatsApp kalian akan ikut hilang, jika setuju langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini :

#1 : Pertama silakan buka aplikasi WhatsApp

#2 : Kemudian masuk ke menu Setelah / Pengaturan > Akun > Hapus akun saya

#3 : Lanjutkan prosesnya dengan Memasukkan Nomor lalu tap lagi Hapus akun saya


#4 : Jika sudah masukkan alasan kalian ingin menghapus WhatsApp pilih saja Lainnya lalu masukkan alasan bebas terserah kalian :P



#5 : Setelah itu tap lagi Hapus akun saya dan tunggu hingga prosesnya selesai

#6 : Terakhir silahkan daftarkan kembali nomor kalian dan lihat hasilnya

Install Ulang Aplikasi WhatsApp

Cara terakhir kalian bisa coba menghapus aplikasi WhatsApp kemudian menginstallnya kembali melalui Android: Play Store atau iOS: App Store, ingat cara ini juga akan menghapus seluruh chat yang masih tersimpan di aplikasi WhatsApp kalian.

Bagaiamana apakah sudah berhasil? seharusnya sih sudah ya, karena untuk sementara hanya cara-cara diataslah yang sudah terbukti cukup ampuh mengatasi masalah nama pada kontak whatsapp yang hilang.

Baca Juga : Cara Mengatasi iPhone dan Android Tidak Bisa Video Call di WhatsApp

Baik sekian dulu informasi cara mengatasi nama kontak di aplikasi WhatsApp yang menghilang alias hanya tampil nomornya saja, apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.