Cara Install IPSW Menggunakan 3uTools / Tanpa iTunes

IPSW atau iPhone, iPad, iPod touch Software merupakan file Firmware yang digunakan untuk menginstall ulang sistem operasi pada iPhone, iPad maupun iPod touch. Normalnya penggunaan IPSW ditujukan bagi pengguna iPhone yang ingin menginstall versi iOS tertentu yang diinginkan, misalnya saja untuk downgrade, menginstall iOS versi beta, menginstall ulang iOS yang mengalami kerusakan serius karena jailbreak dan lain sebagianya.


Namun penting diperhatikan bahwa tidak semua versi iOS (IPSW) diizinkan untuk diinstall, sebab sebelum IPSW akan diinstall ke dalam iPhone, IPSW harus melewati proses pengecekan ke server Apple, yang tujuannya untuk mengonfirmasi apakah IPSW tersebut masih diizinkan untuk diinstall oleh Apple (signed) atau sudah tidak diizinkan lagi (unsigned). Jadi tidak semua versi IPSW dapat diinstall sembarangan, selain itu pemilihan versi IPSW untuk perangkat yang digunakan juga penting, jika tidak cocok maka penginstalan otomatis akan ditolak.

Baca Juga : Cara Menggunakan Aplikasi 3uTools untuk Cek Kondisi iPhone & iPad

Jika biasanya file IPSW diinstall ke dalam iPhone menggunakan aplikasi iTunes, pada postingan kali ini admin akan membagikan cara install firmware IPSW tersebut menggunakan aplikasi 3uTools alias tanpa melalui iTunes. Bagi yang tertarik langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

Cara Install IPSW Menggunakan 3uTools / Tanpa iTunes

Sebelum melanjutkan untuk menghindari terjadi kesalahan, silakan backup seluruh data-data penting terlebih dahulu, do it at your own risk!

#1 : Pertama siapkan hal-hal berikut terlebih dahulu:

  • Komputer atau Laptop
  • Koneksi Internet
  • Kabel Data
  • File IPSW yang akan diinstall

Bagi yang belum memiliki file IPSW kalian bisa download dan menginstallnya melalui aplikasi 3uTools langsung atau melalui website berikut: IPSW.ME

  • Lalu silakan Nonaktifkan menu Cari iPhone Saya pada iPhone kalian, caranya silakan aplikasi Pengaturan > iCloud, Apple ID, iTunes > Lacak > Cari iPhone Saya

#2 : Jika sudah siap semua, silakan download dan install aplikasi 3uTools di komputer kalian (selain itu pastikan juga sudah terinstall iTunes jika belum ada)


#3 : Selanjutnya silakan sambungkan iPhone kalian ke komputer menggunakan kabel data

#4 : Kemudian buka aplikasi 3uTools dan pastikan aplikasi 3uTools sudah berhasil membaca dan mendeteksi iPhone kalian (buka password pada iPhone untuk konfirmasi penyambungan)

#5 : Jika sudah pada aplikasi 3uTools silakan masuk ke menu Flash & JB kemudian pada menu Easy Flash klik tombol Import

Bagi yang belum memiliki file IPSW silakan download versi iOS yang tersedia pada aplikasi 3uTools


#6 : Jika sudah silakan pilih file IPSW yang akan diinstall lalu klik Open


#7 : Selanjutnya silakan pilih menu IPSW yang sudah kalian Import tadi

PENTING! untuk menghindari Bootloop / Kegagalan! pada menu bagian bawah (ditandai warna biru seperti yang ditunjukan gambar dibawah) silakan pilih:

  • Retain User's Data: Apabila kalian tidak ingin menghapus data yang ada (tidak cocok bagi yang iOS yang bermasalah atau ingin melakukan downgrade sebab akan menimbulkan bootloop)
  • Quick Flash Mode: Disarankan, namun akan menghapus seluruh data pada iPhone (silakan dibackup terlebih dahulu)
  • Anti-Recovery Flash: Disarankan, sama sepeti menu kedua di atas menu ini akan menghapus total seluruh data pada iPhone (gunakan apabila akan menyerahkan iPhone tersebut ke orang lain / dijual)


#8 : Jika sudah silakan klik tombol Flash


#9 : Sekarang tunggu hingga proses flashing dan instalasi selesai.


Selama proses flashing jangan pernah mencabut koenksi data antara iPhone dan komputer, proses flashing memakan waktu sekitar 30 menit hingga 60 menit tergantung kecepatan internet dan komputer. Setelah proses Flashing selesai, silakan aktivasi dan atur ulang iPhone kalian seperti baru saja membeli iPhone :)

Baca Juga : Cara Restore iPhone Tanpa Harus Update ke iOS Terbaru

Untuk berjaga-jaga apabila iPhone mengalami bootloop karena kesalahan, silakan gunakan metode Recovery untuk memperbaikinya, caranya silakan baca pada postingan berikut: Cara Install Ulang iOS iPhone Menggunakan Mode Recovery

Baik itu saja cara install file IPSW menggunakan aplikasi 3uTools alias tanpa melalui iTunes. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.