Cara Translate Halaman Web di Safari iPhone & iPad

Saat perilisan iOS 14 Apple memperkenalkan aplikasi Translate atau Terjemahkan yang berfungsi sesuai namanya, yaitu untuk menerjemahkan teks atau suara ke dalam bahasa yang diinginkan (mirip Google Translate). Bukan hanya itu saja, fitur Translate ini juga dapat kalian gunakan langsung pada aplikasi browser Safari di iPhone dan iPad kalian untuk menerjemahkan halaman website ke bahasa yang diinginkan.


Namun karena saat postingan ini ditulis iOS 14 masih dalam tahap percobaan / beta, maka fitur Translate ini pun belum sepenuhnya berfungsi. Sampai saat postingan ini ditulis fitur ini hanya tersedia untuk pengguna iPhone atau iPad regional / wilayah Amerika Serikat dan Kanada saja, selain itu bahasa yang bisa diterjemahkan pun untuk saat ini hanya terbatas pada bahasa Arab, Inggris (UK & A.S.), Italia, Jepang, Jerman, Korea, Portugis, Prancis, Rusia, Spanyol dan Tionghoa (mandarin).

Baca Juga : iOS 14: Cara Tap Belakang iPhone untuk Screenshot, Lock, Mute dll

Baik untuk mengantisipasi kedepannya Apple akan merilis fitur yang lebih lengkap dengan dukungan bahasa yang lebih banyak, silakan ikuti cara-cara dibawah berikut untuk cara melakukan translate halaman website di browser Safari iPhone, iPad dan iPod touch.

Cara Translate Halaman Web di Safari iPhone & iPad iOS / iPadOS 14

Penting! cara ini hanya berlaku bagi pengguna iOS / iPadOS 14 atau lebih baru, dan sampai saat postingan ini ditulis fitur ini masih dalam tahap percobaan sehingga mungkin bahasa yang kalian inginkan tidak tersedia ataupun fitur ini hanya terbatas pada regional tertentu saja.

#1 : Pertama pada website dengan bahasa asing yang ingin diterjemahkan, silakan tap icon AA yang berada disamping alamat website dipojok kiri atas


#2 : Jika sudah silakan pilih menu Terjemahkan ke Inggris


#3 : Apabila sudah sekarang halaman website yang diinginkan secara otomatis akan diterjemahkan ke bahasa yang telah dipilih


#4 : Untuk mengembalikan halaman web yang sudah diterjemahkan ke bahasa aslinya silakan tap kembali menu AA dipojok kiri atas lalu pilih Lihat yang Asli


Bagaimana menurut kalian? mudah sekali bukan? meskipun fitur yang sama sudah ada sejak lama pada browser Google Chrome namun bagi pengguna iOS tentu fitur ini menjadi sebuah hal yang cukup luar biasa berguna, dimana kebanyakan pengguna iOS berselancar di internet dengan memanfaatkan browser Safari bawaan iPhone.

Baca Juga : Cara Menggunakan Fitur Pengenalan Suara di iPhone iOS 14

Baik itu saja cara-cara translate halaman website langsung di browser safari iOS iPhone, iPod touch dan iPad. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.