Cara Menyimpan Halaman Web ke PDF di iPhone dan iPad

Bagi kalian pengguna iPhone, iPad maupun iPod touch yang ingin menyimpan halaman Website / Situs dalam bentuk file dokumen PDF, pada postingan kali ini admin akan memberikan cara-caranya. Nantinya halaman website yang sudah dijadikan file PDF dapat kalian bagikan ke manapun atau disimpan ke dalam aplikasi File untuk dibagikan lain waktu.


Baik kalau begitu langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini:


Cara Menyimpan Halaman Web ke PDF di iPhone dan iPad

#1 : Silakan buka halaman website / situs yang ingin disimpan ke PDF melalui aplikasi Safari

#2 : Jika sudah tap icon Berbagi yang ada dimenu bagian bawah Safari


#3 : Kemudian tap pada menu Pilihan


#4 : Selanjutnya silakan pilih menu PDF dan tap Selesai


#5 : Terakhir silakan pilih ingin dibagikan melalui media yang kalian inginkan (bisa melalui WhatsApp, Email, Telegram dll) atau jika ingin menyimpannya ke dalam aplikasi File silakan tap menu Simpan ke File

Untuk mengedit PDF sebelum dikirim atau disimpan silakan gunakan menu Markah


Sebagai catatan, untuk menyimpan halaman web yang sudah dijadikan file PDF ke dalam iPhone kalian (agar bisa diakses kapan saja) silakan gunakan menu Simpan ke File > pilih direktori penyimpanan > Simpan, jika sudah untuk mengakses file PDF silakan buka aplikasi File lalu masuk ke direktori yang kalian sudah pilih saat menyimpan file PDF tersebut. Dalam aplikasi File tersebut kalian juga dapat membagikan file PDF, mengubah namanya, diarsipkan dan lain sebagainya.


Selain itu kalian juga dapat memanfaatkan Screenshot Halaman Penuh untuk menjadikan halaman web sebagai file PDF, selengkapnya silakan baca pada postingan berikut: Cara Screenshot Panjang / Full Halaman di iPhone

Baik itu saja cara-cara menyimpan halaman web ke PDF di iPhone dan iPad. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.