Cara Melihat Foto iPhone yang Disimpan / Backup ke iCloud

Foto-Foto yang ada di iPhone maupun iPad kalian secara otomatis akan di backup / dicadangkan ke layanan penyimpanan iCloud, tujuannya tentu saja agar foto-foto tersebut menjadi lebih aman dan meminimalisir resiko kehilangan, misalnya apabila ada hal-hal tidak terduga yang menyebabkan kalian kehilangan akses pada foto-foto di iPhone tersebut, kalian tetap bisa mengembalikkan foto-foto yang hilang tersebut dari pencadangan di iCloud.


Lalu bagaimana cara melihat foto-foto yang tersimpan dan di backup ke iCloud? mudah sekali, kalian dapat mengakses, melihat dan mendownload foto-foto tersebut dimana saja, kapan saja dan menggunakan perangkat apa saja (misalnya langsung di iPhone, komputer atau smartphone Android).

Baca Juga : Cara Mengembalikan Foto dan Video Yang Terhapus Permanen di iPhone

Baik kalau begitu langsung saja berikut cara melihat foto-foto yang tersimpan atau sudah di backup ke layanan iCloud.

Cara Melihat Foto iPhone yang di Backup ke iCloud

#1 : Silakan buka browser Safari di iPhone atau iPad kalian (bagi pengguna di platform lain disarankan menggunakan browser seperti Google Chrome atau Mozilla)

#2 : Sekarang silakan buka website iCloud, berikut linknya: https://www.icloud.com/

#3 : Selanjutnya silakan Login menggunakan akun Apple ID / iCloud yang ada di iPhone kalian

#4 : Jika sudah silakan tap menu Photos


#5 : Apabila sudah maka seluruh foto pada akun iCloud kalian akan ditampilkan disana



Cara Download Foto dari iCloud

Untuk menyimpan foto-foto dari iCloud ke dalam iPhone, pastikan kalian sudah login ke akun iCloud tersebut di dalam iPhone kalian. Jika sudah pastikan menu Foto iCloud sudah dalam keadaan menyala, jika belum silakan dinyalakan, berikut caranya:

  1. Pastikan iPhone sudah terkoneksi ke Internet (WiFI disarankan)
  2. Jika sudah silakan buka aplikasi Pengaturan kemudian tap menu ID Apple, iCloud, Media dan Pembelian yang terletak dibagian paling atas
  3. Selanjutnya tap pada menu iCloud > Foto
  4. Sekarang pastikan menu Foto iCloud sudah dalam keadaan diaktifkan


Bagi pengguna iPhone, iPad dan iPod touch yang ingin mendownload foto-foto langsung dari halaman situs iCloud perlu diperhatikan bahwa, foto-foto yang akan didownload akan disimpan dalam bentuk arsip Zip dan tersimpan dalam aplikasi File. Hal tersebut belaku juga bagi ingin mendownload foto-foto dari iCloud tersebut di platform lain, misalnya komputer.

Foto-foto yang didownload akan disimpan dalam bentuk arsip Zip. Kalian cukup mengekstrak file Arsip tersebut untuk melihat foto-foto yang sudah dipilih.

Baca Juga : Cara Selfie Mirror atau Mengatur Kamera Depan iPhone agar tidak Terbalik

Untuk cara mendownloadnya mudah sekali, kalian cukup memilih foto (Select) yang akan di download kemudian cari dan pilih menu Berbagi lalu tap Download, contohnya bisa kalian lihat pada gambar berikut:


Selain itu melalui situs iCloud tersebut kalian juga bisa mengatur foto untuk dipindahkan ke album tertentu atau mungkin disembunyikan (Hide).

Bagaimana menurut kalian gampang kan? baik itu saja cara-cara melihat foto yang ada atau di backup ke dalam pencadangan iCloud. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.

Baca Juga : Penyebab Kesehatan Baterai iPhone yang Cepat Menurun