Cara Mengatasi Face ID Tidak Berfungsi Setelah Update ke iOS 14

Face ID pada iPhone kalian bermasalah setelah melakukan update ke iOS 14? jika ya maka kalian tidak sendiri, ada banyak sekali keluhan dari pengguna iPhone bahkan dari forum bantuan komunitas Apple yang menjelaskan bahwa Face ID pada iPhone mereka tidak dapat bekerja setelah update ke iOS 14.


Masalah ini datang dari Face ID yang tidak dapat mendeteksi wajah saat akan membuka iPhone, begitu juga saat mendaftarkan Face ID baru yang selalu memunculkan pesan seperti:

  • Posisikan Ulang Wajah Anda dalam Bingkai
  • Wajah Anda tidak dalam tampilan
  • Turunkan atau Naikan iPhone sedikit lagi



Sampai saat ini belum ada informasi yang jelas tentang penyebab tersebut, namun beberapa pengguna mengatakan hal ini terjadi setelah melakukan update ke iOS 14. Yang mana saat masih dalam iOS 13 masalah pada Face ID ini tidak terjadi.

Jika memang benar, ada kemungkinan masalah ini memang diakibatkan oleh bug pada iOS 14. Sebagai solusi hingga Apple merilis iOS 14 versi terbaru, kalian dapat menggunakan cara-cara di bawah berikut untuk memperbaiki Face ID pada iPhone X, iPhone Xr, iPhone Xs, iPhone Xs Max, iPhone 11, iPhone 11 Pro atau iPhone 11 Pro Max kalian yang tidak berfungsi setelah update ke iOS 14.

Bersihkan Area Sensor Face ID dan Kamera Depan

Pertama-tama kalian perlu memastikan bahwa tidak ada kotoran entah debu atau apapun itu yang menempel pada bagian sensor Face ID dan kamera depan. Untuk memastikannya silakan bersihkan area Notch pada iPhone menggunakan kain halus setelah itu silakan coba kembali.


Restart iPhone / Restart Paksa

Cara pertama yang dapat kalian lakukan adalah dengan merestart iPhone, sederhananya kalian cukup matikan iPhone kemudian menyalakannya kembali. Disamping itu kalian juga dapat menggunakan metode restart paksa, berikut caranya:

  • iPhone 8, X, Xr, Xs, 11, 11 Pro, SE 2020 atau lebih baru
Tekan tombol Volume Atas lalu lepas, Tekan tombol Volume Bawah lalu lepas dan yang terakhir tekan dan tahan tombol Lock hingga iPhone restart

  • iPhone 7 dan 7 Plus
Tekan dan Tahan tombol Lock bersamaan dengan tombol Volume Bawah hingga iPhone restart

  • iPhone 6S, iPhone SE 2016 atau lebih lama

Telan dan Tahan tombol Lock bersamaan dengan tombol Home hingga iPhone restart

Atur Ulang Face ID

Silakan masuk ke aplikasi Pengaturan > Face ID & Kode Sandi lalu tap pada menu Atur Ulang Face ID kemudian tap lagi Atur Face ID, dan daftarkan wajah kalian seperti biasa.

Apabila tidak juga berhasil coba juga untuk menonaktifkan menu Perlukan Perhatian untuk Face ID dan Fitur Sadar Perhatian. Jika sudah silakan coba kembali daftarkan Face ID kalian.


Gunakan Atur Penampilan Alternatif

Cara ini khusus bagi pengguna Face ID yang dapat mendaftarkan wajahnya namun tidak dapat digunakan untuk membuka iPhone. Caranya mudah silakan buka aplikasi Pengaturan > Face ID & Kode Sandi kemudian tap pada menu Atur Penampilan Alternatif dan daftarkan wajah kalian seperti biasa.


Apabila berhasil untuk sementara kalian dapat menggunakan fitur tersebut untuk membuka iPhone sampai dirilisnya iOS 14 versi terbaru yang membawa perbaikan untuk Face ID.

Reset Pengaturan iPhone

Cara selanjutnya kalian dapat mereset seluruh pengaturan pada iPhone kalian, namun tenang saja cara ini tidak akan menghapus data-data pada iPhone.

Caranya silakan buka aplikasi Pengaturan > Umum > Atur Ulang kemudian pilih menu Atur Ulang Pengaturan.


Update ke iOS Versi Terbaru

Silakan cek apakah pembaruan iOS versi terbaru sudah tersedia melalui aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak. Jika sudah silakan download dan install pembaruan tersebut dan coba kembali setelah selesai.

Reset iPhone ke Pengaturan Pabrik

Apabila cara-cara di atas tidak satupun yang membuahkan hasil kalian bisa mempertimbangkan untuk mereset iPhone kalian ke pengaturan pabrik (menghapus semuanya menjadi kosong dan seperti baru kembali).

Sebelum melanjutnya silakan backup terlebih dahulu data-data penting pada iPhone kalian, jika sudah langsung saja masuk ke aplikasi Pengaturan > Umum > Atur Ulang kemudian pilih menu Hapus Konten & Pengaturan.

Reset menggunakan Mode Pemulihan di iTunes

Apabila cara reset melalui iPhone di atas tidak juga membuahkan hasil, kalian bisa mencoba melakukan restore iPhone melalui iTunes (mode pemulihan). Caranya.

#1 : Silakan install aplikasi iTunes di komputer kalian (untuk Mac gunakan Finder)

#2 : Jika sudah silakan hubungkan iPhone menggunakan kabel data lalu buka aplikasi iTunes dan pastikan iPhone sudah terdeteksi

#3 : Selanjutnya silakan ikuti cara berikut ini:

  • iPhone 8, X, Xr, Xs, 11, 11 Pro, SE 2020 atau lebih baru
Tekan tombol Volume Atas lalu lepas, Tekan tombol Volume Bawah lalu lepas dan yang terakhir tekan dan tahan tombol Lock

  • iPhone 7 dan 7 Plus
Tekan dan Tahan tombol Lock bersamaan dengan tombol Volume Bawah

  • iPhone 6S, iPhone SE 2016 atau lebih lama
Telan dan Tahan tombol Lock bersamaan dengan tombol Home

Jika berhasil maka aplikasi iTunes akan menampilkan pilihan untuk memulihkan atau memperbaiki (restore) iPhone kalian, silakan ikuti prosesnya hingga selesai.

Install iOS 14 versi Beta

Pilihan terakhir, kalian bisa coba menginstall iOS 14 versi beta (versi percobaan yang tidak dirlis untuk publik) sebagai solusi sementara mengatasi masalah kamera pada iPhone. Cara ini dapat kalian tempuh sambil menunggu iOS 14 versi terbaru dirilis.

Bagi yang berminat untuk cara selengkapnya bisa kalian baca pada postingan berikut: 


Bagaimana apakah sudah berhasil? jika tidak juga membuahkan hasil kalian disarankan untuk menunggu pembaruan iOS 14 terbaru dari Apple yang biasanya akan dirilis sekitar beberapa minggu ke depan.

Atau jika seluruh solusi di atas tidak juga ada titik temu kalian dapat membawa iPhone tersebut ke service center Apple untuk diperiksa lebih lanjut penyebab masalah tersebut. Jika iPhone masih dalam masa garansi tentu menggaransikannya adalah salah satu pilihan yang tepat.


Baik itu saja cara-cara mengatasi Face ID di iPhone yang tidak berfungsi setelah melakukan update ke iOS 14. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.