Cara Mengatasi Kamera iPhone Tidak Berfungsi / Blank Setelah Update iOS 14

Tidak sedikit pengguna iPhone yang mengeluhkan bahwa setelah update ke iOS 14, kamera pada iPhone mereka (kamera depan maupun belakang) tidak berfungsi alias blank hitam (black screen). Lebih lanjut masalah ini biasanya diikuti dengan flash/lampu kilat cahaya yang ikuti tidak berfungsi juga.


Jika kalian adalah salah satu pengguna yang mengalami hal tersebut, tidak perlu khawatir pada postingan kali ini admin akan membagikan beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk memperbaikinya.


Restart iPhone

Cara pertama yang dapat kalian lakukan adalah dengan merestart iPhone kalian, sederhananya silakan matikan iPhone kalian kemudian nyalakan kembali. Selain itu kalian juga dapat menggunakan metode restart paksa, berikut caranya:

  • iPhone 8, X, Xr, Xs, 11, 11 Pro, SE 2020 atau lebih baru
Tekan tombol Volume Atas lalu lepas, Tekan tombol Volume Bawah lalu lepas dan yang terakhir tekan dan tahan tombol Lock hingga iPhone restart

  • iPhone 7 dan 7 Plus
Tekan dan Tahan tombol Lock bersamaan dengan tombol Volume Bawah hingga iPhone restart

  • iPhone 6S, iPhone SE 2016 atau lebih lama

Telan dan Tahan tombol Lock bersamaan dengan tombol Home hingga iPhone restart

Reset Pengaturan iPhone

Cara selanjutnya kalian dapat mereset seluruh pengaturan pada iPhone kalian, namun tenang saja cara ini tidak akan menghapus data-data pada iPhone.

Caranya silakan buka aplikasi Pengaturan > Umum > Atur Ulang kemudian pilih menu Atur Ulang Pengaturan.


Coba Ubah Pengaturan Kamera

Selanjutnya untuk solusi sementara sampai Apple memberikan update iOS 14 versi terbaru, kalian bisa mencoba mengubah beberapa pengaturan bawaan kamera iPhone, kalau begitu langsung saja ikuti cara di bawah berikut.

1. Pertama silakan masuk ke aplikasi Pengaturan kemudian cari dan pilih menu Kamera

2. Jika sudah silakan buka menu Pertahankan Pengaturan kemudian nonaktifkan semua menu yang tersedia dan coba kembali buka aplikasi Kamera iPhone

3. Masih belum berhasil? silakan kembali ke pengaturan kamera kemudian apabila tersedia coba nonaktifkan juga menu lainnya seperti Lihat Di Luar Bingkai, Cerminkan Kamera Depan, HDR Cerdas, Pindai Kode QR, Rekam Bunyi Stereo, setelah itu coba buka kembali aplikasi Kamera dan lihat hasilnya


4. Masih juga belum berhasil? silakan kembalikan pengaturan kamera iPhone kalian seperti semula atau gunakan kembali cara ke dua di atas dan lanjutkan kembali cara di bawah berikut

Trik Flash Kamera

Beberapa pengguna iPhone yang mengalami masalah serupa mendapatkan trik untuk mengatasi kamera pada iPhone mereka yang tidak bekerja, caranya:

  • Silakan buka Pusat Kontrol/Control Panel kemudian nyalakan Flash/Senter (walaupun flash tidak benar-benar menyala, dibiarkan saja yang penting menunya sudah dalam keadaan aktif)
  • Jika sudah langsung buka aplikasi Kamera dan tunggu hingga sekitar 10 - 15 detik
  • Apabila berhasil maka secara ajaib kamera pada iPhone kalian akan berkerja kembali sebagai mana mestinya

Update ke iOS Versi Terbaru

iOS 14 saat ini masih dalam tahap paling awal perilisan yang mana biasanya menyimpan cukup banyak masalah dan bug. Untuk mengatasi hal ini kalian bisa coba rutin melakukan pengecekan apakah iOS 14 versi terbaru sudah dirilis melalui aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

Apabila pembaruan telah dirilis silakan update iOS 14 kalian ke versi baru yang tersedia saat ini.

Reset iPhone Menjadi Baru Kembali

Salah satu cara paling jitu terakhir yang dapat kalian gunakan adalah dengan mereset iPhone tersebut kembali seperti baru lagi. Namun perlu diketahui cara-cara ini akan menghapus seluruh data pada iPhone kalian, termasuk aplikasi, foto atau apapun itu. Jadi silakan backup terlebih dahulu data-data penting kalian sebelum melanjutkan.

Oke kalau sudah siap langsung saja buka aplikasi Pengaturan > Umum > Atur Ulang kemudian pilih menu Hapus Konten & Pengaturan


Jika sudah silakan ikuti proses penghapusannya hingga selesai.

Restore Melalui iTunes

Apabila cara reset iPhone di atas tidak juga membuahkan hasil, kalian bisa mencoba melakukan restore iPhone melalui iTunes (mode pemulihan). Caranya.

1. Silakan install aplikasi iTunes di komputer kalian (untuk Mac gunakan Finder)

2. Jika sudah silakan hubungkan iPhone menggunakan kabel data lalu buka aplikasi iTunes dan pastikan iPhone sudah terdeteksi

3. Selanjutnya silakan ikuti cara berikut ini:

  • iPhone 8, X, Xr, Xs, 11, 11 Pro, SE 2020 atau lebih baru
Tekan tombol Volume Atas lalu lepas, Tekan tombol Volume Bawah lalu lepas dan yang terakhir tekan dan tahan tombol Lock

  • iPhone 7 dan 7 Plus
Tekan dan Tahan tombol Lock bersamaan dengan tombol Volume Bawah

  • iPhone 6S, iPhone SE 2016 atau lebih lama
Telan dan Tahan tombol Lock bersamaan dengan tombol Home

Jika berhasil maka aplikasi iTunes akan menampilkan pilihan untuk memulihkan atau memperbaiki (restore) iPhone kalian, silakan ikuti prosesnya hingga selesai.

Install iOS 14 versi Beta

Pilihan terakhir, kalian bisa coba menginstall iOS 14 versi beta (versi percobaan yang tidak dirlis untuk publik) sebagai solusi sementara mengatasi masalah kamera pada iPhone. Cara ini dapat kalian tempuh sambil menunggu iOS 14 versi terbaru dirilis.

Bagi yang berminat untuk cara selengkapnya bisa kalian baca pada postingan berikut: 


Kesimpulan...

Bagaimana apakah sudah berhasil? seharusnya dengan menggunakan cara-cara di atas masalah pada kamera iPhone yang tidak bekerja sudah dapat teratasi, terkhusus bagi pengguna yang tadinya tidak memiliki masalah saat berada di iOS 13 namun mendapatkan masalah tersebut setelah update ke iOS 14.

Jika salah satu trik di atas berhasil, sebagai solusi permanen, kalian dapat menunggu update iOS 14 versi terbaru dari Apple dan melihat hasilnya.

Bagi pengguna yang juga belum melihat titik temu setelah melakukan cara-cara di atas, disarankan untuk membawa iPhone kalian ke service center Apple untuk diperiksa lebih lanjut penyebab pastinya.


Baik itu saja informasi cara mengatasi kamera dan flash iPhone yang tidak berfungsi (blank, tidak mau menyala) setelah melakukan update/upgrade ke iOS 14. Apabila ada yang ingin ditanyakan, sampaikan atau mungkin ada yang ingin berbagi pengalaman? silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.