Cara Install IPA Menggunakan Sideloadly, Aplikasi Mirip Cydia Impactor

Seperti yang kita ketahui aplikasi legendaris Cydia Impactor sudah lama tidak di update lagi oleh sang pemilik, @saurik, sehingga saat ini sudah tidak dapat lagi digunakan untuk menginstall file .IPA ke dalam iPhone maupun iPad apabila tidak menggunakan account developer Apple.


Setelah Cydia Impactor sepertinya akan pergi selamanya, telah muncul dua alternatif yang sudah pernah admin bagikan sebelumnya, yaitu AltStore dan 3uTools.

Nah kali ini kita kehadiran kembali aplikasi alternatif yang benar-benar hampir menyerupai Cydia Impactor, yaitu Sideloadly. Aplikasi ini pertama kali diperkenalkan oleh administrator dari forum iOSGods.


Bagi kalian yang tertarik untuk menginstall file IPA ke dalam iPhone maupun iPad menggunakan Sideloadly, langsung saja ikuti cara-caranya di bawah berikut.

Cara Install IPA Menggunakan Sideloadly

Sebelum melanjutkan, aplikasi Sideloadly dilaporkan telah bekerja dengan baik untuk iOS 13 maupun iOS 14 dan saat ini hanya dapat dijalankan untuk pengguna Windows saja (mac akan segera menyusul).

Sebagai Catatan: Aplikasi yang diinstall akan bertahan selama 7 hari sebelum expired atau tidak bisa dibuka kembali, jadi harus mengulangi cara di bawah untuk menginstall ulang aplikasi yang expired tersebut. Sedangkan bagi yang menggunakan Apple ID Developer / Berbayar, aplikasi dapat bertahan selama 1 tahun sebelum expired.

Lakukan dengan risiko ditanggung masing-masing! sangat disarankan untuk menggunakan Apple ID baru untuk mencegah risiko adanya pencurian account. Jika sudah siap langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini:

#1 : Pertama pastikan kalian sudah menginstall aplikasi iTunes, kemudian sambungkan iPhone ke komputer menggunakan kabel data

#2 : Selanjutnya silakan download dan install terlebih dahulu aplikasi Sideloadly melalui link berikut:


#3 : Jika sudah silakan buka aplikasi Sideloadly dan pastikan iPhone kalian sudah terdeteksi (pada menu Device akan muncul no seri acak iPhone kalian)

#4 : Sekarang silakan masukan file .IPA ke dalam aplikasi Sideloadly dengan cara diseret


#5 : Selanjutnya silakan masukan Apple ID kalian pada kolom Apple account: lalu klik Start


#6 : Selanjutnya silakan masukan password dari Apple ID kalian lalu klik OK


#7 : Sekarang tunggu hingga proses instalasinya selesai, jika berhasil maka akan muncul pesan Done.


#8 : Terakhir silakan buka iPhone kalian dan lihat hasilnya, namun jangan lupa juga untuk mempercayai terlebih dahulu sertifikat dari aplikasi yang diinstall tersebut, caranya silakan buka aplikasi Pengaturan > Umum > Profil / Manajemen Perangkat > (email Apple ID kalian) > Percayai "xxxx" > Percayai.


Jika sudah silakan buka kembali aplikasi yang barusan diinstall tersebut.


Nah bagaimana menurut kalian? sederhana kan? bahkan apabila kalian sebelumnya pernah menggunakan Cydia Impactor, pasti sudah tidak asing lagi dengan proses dan tampilan dari aplikasi Sideloadly ini.

Dengan hadirnya aplikasi Sideloadly pengganti Cydia Impactor tentu akan mempermudah kita pengguna iPhone maupun iPad untuk menginstall beragam aplikasi di luar App Store, seperti aplikasi Jailbreak, Emulator dan lain sebagainya.

Baik itu saja cara-cara install file .IPA di iPhone dan iPad menggunakan aplikasi Sideloadly. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.