Cara Mudah Mengubah Nama File PDF di iPhone dan iPad

Ingin mengubah nama file / dokumen PDF langsung di iPhone atau iPad kalian? bisa kok, sangat bisa :) bagi yang belum tahu yang kalian perlukan hanya waktu sebentar untuk membaca tutorial di bawah hehe..


Oke, langsung saja khusus pada postingan kali ini admin akan membagikan cara mengubah nama file dokumen PDF melalui iOS iPhone atau iPadOS iPad kalian. Kabar baiknya, cara ini juga dapat kalian terapkan untuk mengubah nama file lainnya, seperti foto, video, ppt, docx atau file apapun itu.


Cara Mengubah Nama Dokumen PDF di iPhone dan iPad

Cara kerjanya mudah, yang kalian perlu lakukan adalah mengirim atau menyalin PDF tersebut ke dalam aplikasi "File" bawaan iPhone, kemudian mengubah namanya melalui aplikasi File tersebut. PDF yang sudah diubah namanya dapat kalian kirim kembali melalui aplikasi atau media apapun.

#1 : Pertama-tama silakan bagikan / salin terlebih dahulu dokumen PDF yang akan diubah namanya ke dalam aplikasi "File" bawaan iPhone, caranya:

  • Buka PDF yang akan diubah namanya, atau tap dan tahan pada file PDF tersebut, jika sudah silakan pilih tombol Bagikan / Berbagi


  • Setelah itu tap pada menu Simpan ke File lalu pilih menu Di iPhone Saya dan tap lagi Simpan


#2 : Apabila PDF sudah di simpan ke dalam aplikasi "File", langsung saja buka aplikasi File di iPhone atau iPad kalian


#3 : Selanjutnya silakan masuk ke direktori Di iPhone Saya tempat file PDF tadi disimpan (untuk mencari lokasi lainnya silakan tap pada menu Telusuri)

#4 : Jika file PDFnya sudah ketemu, langsung saja tap dan tahan pada file PDF tersebut lalu pilih menu Ubah Nama


#5 : Terakhir apabila sudah selesai, untuk membagikan kembali file PDF yang sudah diubah namanya tersebut ke aplikasi atau media lainnya, silakan tap dan tahan lagi pada PDF kemudian pilih menu Bagikan.

Bagaimana gampang kan? cara di atas dapat kalian terapkan juga untk file-file lainnya, cukup mengirim atau menyalin file yang akan diubah namanya ke dalam aplikasi "File", ubah namanya dan terakhir silakan bagikan kembali file yang sudah diubah namanya tersebut ke media atau aplikasi yang diinginkan.

Baik sekian dulu tutorial cara mengubah nama dokumen PDF melalui iPhone atau iPad. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih :)