Status Jailbreak iOS / iPadOS 14.3 untuk iPhone dan iPad

Apple kembali merilis pembaruan besar iOS 14.3 dan iPadOS 14.3 yang membawa sejumlah fitur baru dan perbaikan. Bagi yang menginginkan jailbreak, saat ini diharapkan untuk menghindari update ke iOS 14.3 karena belum adanya informasi pasti ketersediaan jailbreak, khususnya bagi pengguna iPhone XR atau lebih baru.


Status Jailbreak iOS 14.3

Sampai postingan ini ditulis, iOS 14.3 telah dikonfirmasi oleh sebagian pengguna berhasil di Jailbreak menggunakan aplikasi Checkra1n. Namun sayangnya, aplikasi Checkra1n yang bersifat Semi-Tethered ini hanya terbatas bagi pengguna iPhone 6S hingga iPhone X saja.

Sekilas, aplikasi jailbreak Checkra1n menggunakan exploit "hardware-based" (checkm8) yang bersifat Semi-Tethered, namun begitu exploit ini hanya berdampak pada beberapa perangkat tertentu saja mulai dari iPhone 4S hingga iPhone X. Nah, karena sifat exploit yang hardware-based (berdasarkan hardware), maka exploit tersebut tidak dapat ditambal oleh Apple melalui update iOS apapun, sehingga perangkat yang terdampak memiliki kesempatan jailbreak selamanya.


Sedangkan bagi pengguna iPhone XR, iPhone XS, iPhone 11, iPhone SE 2020, iPhone 12, dan lebih baru, hingga saat ini belum ada satupun aplikasi jailbreak yang tersedia, bahkan sejak dirilisnya iOS 14. Jadi yang kini dapat kalian lakukan adalah tetap bertahan pada iOS 14.3 (serendah mungkin), hingga muncul informasi lebih lanjut.

Khusus bagi pengguna iPhone 6S, iPhone 6S Plus, iPhone SE 2016, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X, kalian bisa melakukan jailbreak menggunakan aplikasi Checkra1n yang bersifat Semi-Tethered, untuk informasi selengkapnya silakan baca pada postingan berikut: Cara Jailbreak Semua iOS (iPhone 5S - X) Menggunakan Checkra1n