Cara Mengatasi Aplikasi iPhone yang Tidak Bisa Dihapus

Aplikasi di iPhone dan iPad kalian tiba-tiba tidak bisa dihapus meskipun telah menekan tombol Hapus / Delete? atau tombol Hapus / Delete tidak tersedia? jika benar maka kalian berada di tempat yang tepat, sebab pada postingan kali ini Admin akan membagikan cara-cara untuk mengatasinya.


Sebelum melanjutkan, apa sih sebenarnya yang menyebabkan aplikasi iPhone tidak bisa dihapus? pada umumnya terdapat dua penyebab utama, pertama karena bug dan kedua karena aktifknya fitur Pembatasan yang terdapat pada Screen Time / Durasi Layar.

Untuk mengatasinya tidaklah sulit, kalau begitu langsung saja ikuti cara-cara di bawah berikut ini.

Cek Fitur Pembatasan Konten & Privasi

Pembatasan Konten & Ptivasi atau Content & Privacy Restrictions, merupakan salah satu fitur pada iPhone yang digunakan untuk membatasi hal-hal seperti menghapus aplikasi, melakukan pembelian, dan lain sebagainya.

Fitur ini biasanya dimanfaatkan oleh para Orang Tua untuk membatasi hal apa saja yang dapat dilakukan oleh anaknya saat menggunakan iPhone atau iPad.

1. Buka aplikasi Pengaturan (Settings) iPhone atau iPad

2. Kemudian masuk ke menu Durasi Layar (Screen Time) > Pembatasan Konten & Ptivasi (Content & Privacy Restrictions)

3. Jika sudah silakan matikan menu Pembatasan Konten & Ptivasi (Content & Privacy Restrictions) apabila dalam keadaan aktif


Apabila diperintahkan untuk memasukkan password durasi layar / screen time silakan masukkan passwordnya untuk melanjutkan.

4. Terakhir, silakan lihat hasilnya

Hapus Melalui Aplikasi Pengaturan iPhone

Selain menghapus aplikasi langsung melalui icon aplikasi yang ada di Home Screen, apabila terjadi bug atau masalah, kalian dapat menghapus aplikasi iPhone melalui Pengaturan, tentunya dengan harapan cara ini akan membuahkan hasil.

1. Buka aplikasi Pengaturan (Settings)

2. Selanjutnya masuk ke menu Umum (General) > Penyimpanan iPhone (iPhone Storage)

3. Jika sudah silakan cari dan pilih aplikasi yang akan dihapus lalu pilih Hapus App / Delete App


Hapus Profil Aplikasi

Apakah aplikasi yang tidak dapat dihapus tersebut merupakan aplikasi yang diinstall menggunakan sebuah konfigurasi / profil? jika ya, alih-alih menghapus langsung aplikasi melalui Home Screen, kalian harus menghapus aplikasi tersebut melalui konfigurasi profil yang digunakan untuk menginstall aplikasi tersebut.

1. Buka aplikasi Pengaturan (Settings)

2. Kemudian masuk ke menu Umum (General) > Profil


3. Jika sudah, pilih menu konfigurasi / profil yang digunakan untuk menginstall aplikasi yang tidak dapat dihapus tersebut

4. Kemudian pilih Hapus Profil


5. Jika sudah, maka aplikasi yang diinstall melalui profil konfigurasi yang tidak dapat dihapus sebelumnya, akan terhapus setelah profil konfigurasinya dihapus.

Hapus Aplikasi melalui App Store

Trik ini dapat kalian gunakan apabila aplikasi yang tidak dapat terhapus tersebut tersedia untuk diupdate melalui App Store, jadi apabila aplikasi yang tidak bisa terhapus tersebut tidak tersedia update di App Store maka cara ini tidak bisa digunakan.

1. Buka aplikasi App Store

2. Kemudian masuk ke menu update aplikasi

3. Jika sudah silakan usap menu aplikasi yang tidak dapat dihapus tersebut ke arah kiri dan pilih Hapus


Aplikasi Bawaan iPhone

Perlu diketahui juga bahwa tidak semua aplikasi bawaan iPhone dapat dihapus, contohnya seperti Safari, Pesan, Lacak, Telepon, Jam, dan App Store. Beberapa aplikasi bawaan iPhone lainnya yang bisa dihapus contohnya seperti Peta, Pintasan, Cuaca, iTunes Store, Watch, dan lain sebagainya.

Khusus Aplikasi Jailbreak

Sebelumnya apakah iPhone kalian dalam keadaan sudah di Jailbreak? jika yang kalian maksud adalah aplikasi yang diinstall melalui aplikasi Cydia atau Sileo, maka untuk menghapusnya tentu saja harus melalui aplikasi Cydia atau Sileo kembali, tepatnya masuk pada menu Installed > *pilih aplikasi* > Modify > Remove > Confirm.

Masih Belum Berhasil?

Apabila cara-cara di atas tidak satupun ada yang membuahkan hasil, coba pertimbangkan beberapa pilihan berikut:

  • Restart iPhone atau iPad kemudian coba kembali
  • Update ke iOS versi terbaru kemudian coba kembali
  • Reset Pengaturan iPhone
  • Hapus melalui komputer menggunakan aplikasi 3uTools (Apps > Uninstall)

Jika masih tidak juga membuahkan hasil, pertimbangkan cara di bawah berikut.

Pertimbangkan Reset Seluruh Data iPhone / iPad ke Pengaturan Pabrik

Dengan mengikuti seluruh cara-cara di atas, aplikasi yang tadinya tidak bisa terhapus di iPhone atau iPad kalian, seharusnya telah berhasil disingkirkan.

Namun apabila masih juga benar-benar tidak bisa dihapus dan sudah cukup "meresahkan", pertimbangkan untuk menghapus seluruh data pada iPhone kembali ke pengaturan pabrik. Tapi sebelum melanjutkan pastikan seluruh data-data penting seperti kontak atau foto sudah dibackup (cadangkan) agar tidak hilang, entah melalui iCloud atau iTunes di komputer.

Bagi yang sudah membulatkan tekad untuk mereset dan menghapus seluruh data pada iPhone kembali ke pengaturan pabrik, langsung saja buka aplikasi Pengaturan (Settings) > Umum (General) > Atur Ulang (Reset) > Hapus Konten & Pengaturan (Erase All Content and Settings).

Bagi yang khawatir akan kemungkinan Malware yang bisa saja menyerang iPhone kalian, silakan gunakan metode flash ulang iOS pada iPhone melalui file firmware / ipsw, selengkapnya silakan baca pada postingan berikut: Cara Download, Install dan Restore IPSW / Firmware iOS iPhone

Baik sekian dulu informasi cara mengatasi aplikasi iPhone yang tidak bisa dihapus, apabila ada yang ingin ditanyakan seputar informasi di atas, silakan tinggalkan melalui kolom komentar di bawah. Terima Kasih!