Kamera iPhone Blank Hitam Setelah Update ke iOS 15

Beberapa pengguna iPhone mengalami masalah pada kamera yang tidak berfungsi atau hanya tampil hitam saja (blank) setelah menginstall update iOS 15. Bagi sebagian pengguna lainnya hal ini juga diikuti dengan masalah Flash Kamera yang tidak dapat diaktifkan.


Nah, apabila kalian merupakan salah satu pengguna iPhone yang setelah update ke iOS 15 mengalami masalah kamera yang tidak berfungsi/blank hitam, pada postingan kali ini Admin kembali akan membagikan cara-cara untuk mengatasinya.

Kalau begitu tanpa banyak berbasa-basi lagi, langsung saja simak cara-cara di bawah berikut.

Restart iPhone

Memulai Ulang kembali iPhone alias Restart merupakan cara paling ampuh yang wajib dicoba untuk memperbaiki beragam masalah pada iPhone yang diakibatkan oleh Bug atau kesalahan sistem.

Untuk me-restart iPhone secara sederhana kalian hanya perlu mematikan iPhone kemudian menyalakannya kembali, atau kalian dapat menggunakan cara-cara Force Restart berikut untuk melakukannya dengan cepat pada kondisi apapun.

Untuk iPhone 8, X, XR, XS, 11, SE (2020), 12, 13

  • Tekan tombol Volume Atas lalu segera lepas
  • Tekan tombol Volume Bawah lalu segera lepas
  • Tekan dan Tahan terus tombol Power/Lock hingga iPhone menampilkan logo Apple (Restart)

Untuk iPhone 7 dan 7 Plus

  • Tekan dan Tahan terus tombol Volume Bawah bersamaan dengan tombol Power/Lock hingga iPhone menampilkan logo Apple (Restart)

Untuk iPhone SE (2016), 6S, 6, 5S, 5C, 5, 4S

  • Tekan dan Tahan terus tombol Home bersamaan dengan tombol Power/Lock hingga iPhone menampilkan logo Apple (Restart)


Lakukan Trik Flash

Nah, dari beberapa informasi yang Admin dapatkan, pengguna iPhone dapat dengan mudah mengatasi masalah kamera ini hanya dengan mengaktifkan Flash/Senter iPhone melalui Pusat Kontrol (Control Center), kemudian tunggu beberapa saat lalu silakan nonaktifkan kembali. Jika beruntung kalian akan mendapati Kamera iPhone dapat berfungsi kembali.

Reset Pengaturan iPhone

Selanjutnya pertimbangkan untuk mereset pengaturan iPhone kembali ke pengaturan awal/default tentunya tanpa menghapus data-data seperti aplikasi, foto, dsb., hanya saja password WiFi tersimpan dan pengaturan yang sudah dibuat lainnya akan direset/terhapus dan harus dimasukkan kembali setelah reset selesai.

Caranya silakan buka aplikasi Pengaturan > Umum > Transfer atau Atur Ulang iPhone > Atur Ulang lalu pilih Atur Ulang Pengaturan.


Setelah reset selesai silakan cek kembali aplikasi Kamera dan lihat hasilnya. Sebagian besar pengguna iPhone berhasil mengatasi kamera mereka yang tidak berfungsi dengan menggunakan cara ini.

Update ke iOS versi Terbaru

Apabila memang sudah tersedia pembaruan iOS versi terbaru lainnya, silakan update ke iOS versi terbaru tersebut melalui Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

Ada kemungkinan masalah ini diakibatkan oleh Bug pada versi iOS yang kalian gunakan saat ini.

Namun, jika tidak ada pembaruan iOS terbaru yang tersedia, silakan coba cara selanjutnya di bawah berikut.

Reset Total iPhone kembali ke Pengaturan Pabrik

Cara ini mungkin agak sedikit mengecewakan, namun apabila cara-cara di atas tidak juga membuahkan hasil, silakan pertimbangkan untuk mereset total iPhone kembali ke pengaturan pabrik dalam arti menghapus seluruh data-data iPhone hingga menjadi seperti baru kembali.

Bagi yang ingin mencobanya jangan lupa backup data-data penting ke iCloud atau komputer, sebab seluruh data dan aplikasi akan terhapus tanpa sisa.

Jika sudah berniat, langsung saja buka aplikasi Pengaturan > Umum > Transfer atau Atur Ulang iPhone > Atur Ulang lalu pilih menu Hapus Konten & Pengaturan dan ikuti prosesnya hingga selesai.


Restore Melalui iTunes dengan Mode Recovery/Pemulihan

Masih belum berhasil juga? sudah mereset total iPhone namun hasilnya juga tidak bisa? pertimbangkan untuk merestore dengan mode Recovery/Pemulihan yang dapat dilakukan melalui komputer dengan aplikasi iTunes atau Finder di Mac.

Berikut cara-caranya:

1. Pastikan komputer telah terinstall iTunes (Beberapa pengguna Mac silakan gunakan Finder)

2. Selanjutnya hubungkan iPhone ke komputer dengan kabel dan buka aplikasi iTunes

3. Jika sudah pastikan iPhone dalam keadaan sudah terdeteksi (jika belum silakan cek layar iPhone untuk mempercayai perangkat komputer)

4. Setelah itu silakan gunakan metode yang sama seperti Force Restart berikut untuk masuk ke mode Pemulihan/Recovery

Untuk iPhone 8, X, XR, XS, 11, SE (2020), 12, 13

  • Tekan tombol Volume Atas lalu segera lepas
  • Tekan tombol Volume Bawah lalu segera lepas
  • Tekan dan Tahan terus tombol Power/Lock hingga iTunes menampilkan pesan iPhone butuh dipulihkan

Untuk iPhone 7 dan 7 Plus

  • Tekan dan Tahan terus tombol Volume Bawah bersamaan dengan tombol Power/Lock hingga iTunes menampilkan pesan iPhone butuh dipulihkan

Untuk iPhone SE (2016), 6S, 6, 5S, 5C, 5, 4S

  • Tekan dan Tahan terus tombol Home bersamaan dengan tombol Power/Lock hingga iTunes menampilkan pesan iPhone butuh dipulihkan

5. Setelahnya klik pilihan untuk memulihkan/recovery iPhone dan ikuti prosesnya hingga selesai.

Downgrade ke iOS versi Sebelumnya

Berhubung Apple sudah tidak mengizinkan penggunanya untuk downgrade ke iOS 14, kalian dapat mencoba menginstall iOS 15 versi lebih rendah atau versi sebelumnya. Caranya dapat kalian cek melalui postingan berikut: Cara Download, Install dan Restore IPSW / Firmware iOS iPhone

Solusi Terakhir

Seharusnya dengan mengikuti salah satu metode di atas kamera pada iPhone kalian sudah kembali berfungsi dan tidak lagi blank.

Namun, untuk mencegah adanya kemungkinan masalah masih tetap ada setelah mengikuti cara-cara di atas, kalian dapat mempertimbangkan untuk menunggu update iOS versi terbaru yang akan dirilis dalam waktu biasanya sekitar beberapa minggu dan melihat kembali hasilnya, atau membawa iPhone tersebut ke service center Authorized Apple di Indonesia agar dapat dicek lebih lanjut penyebabnya.

Baik, itu saja informasi cara mengatasi Kamera iPhone yang Blank Hitam atau Tidak Berfungsi setelah update dan menginstall iOS 15. Apabila ada yang ingin ditanyakan, sampaikan, atau mungkin ada yang mau berbagi trik dan tips mengatasi masalah di atas? silakan tinggalkan melalui kolom komentar di bawah. Terima Kasih!