Apakah Battery Health iPhone Bisa Naik?

Battery Health iPhone secara pasti akan selalu mengalami penurunan seiring dengan waktu dan penggunaan.

Apabila penurunan telah terjadi cukup drastis hal ini dapat menyebabkan beragam masalah pada iPhone seperti baterai yang semakin boros, sulit diisi daya, cepat panas, daya turun tiba-tiba, dan lain sebagainya.

Nah, tidak sedikit pertanyaan yang Admin dapatkan soal apakah Battery Health iPhone bisa naik?

Apakah Battery Health iPhone Bisa Naik?


Bisa namun satu-satunya cara adalah dengan mengganti komponen Baterai ke yang baru, setelahnya Battery Health iPhone akan naik kembali ke 100%.

Perlu diketahui bahwa penurunan Battery Health bersifat Permanen sehingga tidak dapat dinaikkan lagi dengan metode apapun tak terkecuali mengganti Baterai tersebut dengan yang baru.

Yang dapat kita lakukan adalah mengupayakan agar penurunan Battery Health tidak terjadi dalam waktu yang cepat, bahkan saat ini sudah cukup banyak metode yang dapat digunakan untuk memperlambat penurunan Battery Health bahkan hingga lebih dari 2x lipat. Berikut cara-caranya Cara Memperlambat Penurunan Kesehatan Baterai iPhone

Berapa Battery Health iPhone yang Perlu Diganti?

Batas minimal Battery Health iPhone yang baik sebelum menimbulkan beragam masalah dan perlu untuk segera diganti adalah 80% atau lebih rendah.


Berapa Lama Biasaanya Battery Health iPhone Menurun?

Dari 100% umumnya dibutuhkan waktu kurang lebih 2 tahun penggunaan normal hingga Battery Health iPhone mencapai angka sekitar 80%.

Meski begitu waktu yang dibutuhkan mungkin lebih lama lagi tergantung faktor penggunaan dan perawatan yang dilakukan.


Apa yang Menyebabkan Battery Health Menurun Cepat?


Selain faktor waktu dan penggunaan atau siklus pengisian daya, berikut adalah hal yang diketahui dapat mempercepat penurunan Battery Health.

  • Panas berlebih pada baterai
  • Sering membiarkan iPhone diisi daya hingga benar-benar penuh (mengapa? cek alasannya disini: Kapan Sebaiknya iPhone Dicas dan Sampai Berapa Persen?)
  • Sering menggunakan iPhone hingga baterainya hampir habis
  • Menggunakan iPhone secara berlebihan saat sedang diisi daya
  • Menggunakan charger atau sumber daya pengisian yang berkualitas rendah
  • Menggunakan kecerahan layar terlalu tinggi yang dapat menyebabkan baterai cepat habis serta panas berlebih

Selain faktor di atas tidak jarang juga penurunan Battery Health yang terjadi secara tiba-tiba disebabkan oleh Bug atau kerusakan pada komponen Baterai itu sendiri.

Penutup...

Pada intinya saat ini tidak ada metode yang dapat digunakan untuk menaikkan Battery Health iPhone yang sudah menurun kecuali dengan mengganti komponen baterai ke yang baru.

Perawatan untuk mencegah cepatnya penurunan Battery Health adalah langkah tepat untuk menjaga kualitas baterai iPhone untuk penggunaan jangka panjang sebelum waktunya baterai perlu diganti.