Battery Health iPhone di Bawah 90% bahkan 80% Apa Masih Layak?

Pada postingan kali ini Admin akan membahas seputar angka kelayakan Battery Health (BH) atau Kesehatan Baterai pada iPhone.

Seperti yang diketahui bahwa saat ini Battery Health adalah salah satu faktor yang cukup penting sebelum membeli iPhone khususnya dalam kondisi Second/Bekas.


Mengapa Battery Health Penting?

Semakin rendah angka Battery Health semakin boros juga baterai iPhone tersebut, di samping itu apabila penurunan telah terjadi cukup signifikan bersiap-siaplah menghadapi beragam dampak seperti iPhone cepat panas, sulit dicharge, baterai tiba-tiba drop, dan lain sebagainya.

Jika sudah begitu diperlukan penggantian komponen baterai ke yang baru untuk mengembalikan fungsi normal iPhone.


Battery Health iPhone di Bawah 90% bahkan 80% Apa Masih Layak?

Secara umum iPhone dapat berfungsi dengan normal apabila Battery Health masih berada di atas 80%, semakin tinggi semakin baik.

Apabila kalian berencana membeli iPhone Second dengan kondisi Battery Health di bawah 90% maka untuk penggunaan jangka panjang iPhone tesebut sebenarnya sudah tidak layak lagi, apalagi jika sudah mendekati 80% atau di bawah 85%.


Sedangkan sudah sangat tidak layak apabila Battery Health berada di bawah 80%, dalam kondisi ini seharusnya baterai iPhone sudah perlu untuk segera diganti ke yang baru.


Berapa Battery Health iPhone yang Layak?

Dalam penggunaan normal dari 100% diperkirakan membutuhkan setidaknya 2-3 tahun sebelum Battery Health menyentuh angka 80%,dapat lebih awet lagi tergantung perawatan yang dilakukan.


Jadi bagi yang ingin membeli iPhone Second/Bekas disarankan untuk memilih iPhone dengan Battery Health setidaknya di atas 90%., alangkah baiknya jika berada di atas 95%, sedangkan 100% adalah keberuntungan.

Namun, hati-hati tanyakan juga apakah Baterai di iPhone tersebut sudah pernah diganti sebelumnya atau belum alias iPhone Refurbished/Rekondisi (pernah diservis).

Tidak jarang iPhone yang sudah pernah diganti baterai melalui jalur yang tidak resmi dari Apple, Battery Health-nya tidak terbaca dan Stuck di 100%. Selengkapnya: Battery Health iPhone Tidak Turun atau Stuck di 100%


Penutup...

Pada intinya untuk penggunaan jangka panjang Battery Health iPhone di bawah 90% sudah kurang layak, sedangkan di bawah 80% pertanda baterai sudah perlu untuk segera diganti.

Baik, itu saja informasi seputar Battery Health iPhone di Bawah 90% atau 80% apakah masih layak atau tidak. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah. Terima Kasih!