Battery Health iPhone Inter dan Ex Inter Cepat Turun

Sudah sangat banyak pertanyaan yang Admin dapatkan seputar Battery Health atau Kesehatan Baterai di iPhone Inter dan Ex Inter yang cepat menurun.

Lalu, apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya? apakah benar iPhone Inter dan Ex Inter Battery Health-nya memang cepat menurun atau bagaimana?

Berikut informasi selengkapnya.

Kenapa Battery Health iPhone Inter dan Ex Inter Cepat Turun?


Normalnya, penurunan Battery Health iPhone dapat terjadi hingga 10% di setiap tahunnya, tergantung juga pada intensitas pemakaian.

Ada yang mengalami penurunan 1% dalam waktu satu bulan, ada juga yang 1% dalam waktu 2 sampai 3 bulan atau bahkan lebih. Hal ini tentu saja normal.

Di sisi lain, beberapa pengguna iPhone mengeluhkan bahwa Battery Health mereka bisa turun 2% atau bahkan lebih dalam waktu kurang dari 1 bulan.

Jika iPhone dalam kondisi benar-benar baru, biasanya hal tersebut disebabkan oleh Bug pada sistem yang tidak membaca Battery Health dengan akurat. Kemungkinan lainnya disebabkan kecacatan bawaan pabrik.

Meski begitu kalian tidak perlu khawatir sebab iPhone memiliki garansi terbatas selama 1 tahun.

Apabila penurunan drastis tersebut menyebabkan iPhone menjadi sangat boros baterai, cepat panas, dan lain sebagainya. Kalian memiliki opsi untuk menggaransikannya dalam kurun waktu 1 tahun penggunaan.

Namun, berbeda cerita apabila hal ini terjadi di iPhone Second khususnya iPhone Ex Inter.

Battery Health iPhone Ex Inter Rawan Dimodifikasi


Saat ini Battery Health menjadi salah satu indikator dalam membeli iPhone Second. Semakin tinggi berarti semakin bagus.

Nah, iPhone Ex Inter yang banyak beredar umumnya merupakan iPhone yang sudah berusia lama.

Karena komponen baterainya mungkin sudah tidak lagi dalam kondisi baik, kebanyakan baterai pada iPhone Ex Inter tersebut sudah diganti dulu ke yang baru sebelum dijual.

Penggantian baterai tersebut biasanya tidak dilakukan secara resmi oleh Apple yang mengakibatkan Battery Health tidak bisa terbaca lagi.

Karena tidak bisa terbaca, dilakukanlah proses modifikasi agar Battery Health bisa terbaca lagi.


Nah, akibat dari proses modifikasi tersebut, kemungkinan besar iPhone tidak bisa membaca Battery Health pada baterai dengan akurat atau malah sebaliknya, iPhone mulai membaca kapasitas asli dari baterai tersebut.

Akibatnya, di awal penggunaan Battery Health akan terlihat menurun drastis dalam waktu singkat yang biasanya akan berhenti di titik tertentu.

Hal ini sudah pernah Admin bahas sebelumnya melalui postingan berikut: Battery Health iPhone Bisa Dipalsukan, Ini Rahasianya

Tips Agar Battery Health Tidak Cepat Turun


Mencegah Battery Health tidak menurun adalah hal yang mustahil dilakukan, sebab Baterai sendiri adalah komponen habis pakai atau memiliki usia pakai.

Namun, tips dan trik berikut sudah cukup terbukti ampuh untuk menekan laju penurunan Battery Health.

  • Apabila sedang tidak benar-benar dibutuhkan, hindari charge iPhone sampai 100% atau batasi hingga 80% saja.
  • Segera charge iPhone apabila sudah menunjukkan angka 20% dan jangan biarkan baterai hingga benar-benar habis.
  • Panas berlebih adalah salah satu penyebab utama Battery Health cepat menurun, jadi sebisa mungkin hindari panas berlebih pada iPhone.
  • Selalu gunakan charger asli dan berkualitas, terutama yang sudah MFi Certified.

Dalam penggunaan normal sehari-hari, umumnya setelah 2 sampai 3 tahun adalah waktu di mana baterai perlu diganti ke yang baru.

Jika tidak, maka baterai iPhone akan menunjukkan gejala-gejala kerusakan seperti boros, cepat panas, hingga yang terparah baterai bisa turun tiba-tiba serta menjadi sulit dicharge.

Penutup...

Nah, bagaimana menurut kalian?

Ingat ya, selagi kondisinya masih baru, tidak ada perbedaan Battery Health antara iPhone Inter (Internasional) dan iPhone Resmi seperti iPhone iBox. Sebab keduanya hanya dibedakan dari status penjualannya saja.

Berbeda cerita dengan Second yang kondisinya kemungkinan besar sudah pernah diperbaiki hingga diganti ke baterai yang tidak asli dari Apple.