Apakah iPhone X Masih Layak Dibeli di Tahun 2023?

Cukup banyak orang bertanya, apakah iPhone X masih layak atau worth it dibeli di 2023? nah, pada postingan ini saya akan membantu menjawab pertanyaan tersebut, entah dari sisi layak atau worth it dan dari sisi sudah tidak layak, sehingga kalian dapat mempertimbangkannya lagi.

Apakah iPhone X Masih Layak Dibeli di Tahun 2023?


Sekilas, dirilis pada tahun 2017 berbarengan dengan iPhone 8 dan iPhone 8 Plus, iPhone X sendiri merupakan iPhone pertama yang mengusung desain layar penuh dengan Notch, layar dengan panel OLED, serta memiliki Face ID.

Hingga saat ini (2023), desain iPhone X bisa dibilang masih belum jadul-jadul banget dan cukup memiliki banyak peminat mengingat harga yang ditawarkan.

Lalu, apakah iPhone X masih layak dibeli di tahun 2023 atau sebenarnya sudah tidak layak lagi? berikut informasinya!

Alasan iPhone X Masih Layak atau Worth Dibeli di Tahun 2023


1. Desain Masih Terlihat Modern.

Sudah mengusung desain layar penuh dengan notch, tentu membuat iPhone X tidak jadul-jadul banget ya! sebab desain layar notch tersebut hingga kini masih tetap digunakan oleh iPhone 14 dan iPhone 14 Plus meski dengan ukuran notch yang lebih kecil.

Selain itu, kerangka iPhone X juga sudah menggunakan desain stainless steel yang bukan hanya kuat, tetapi terlihat sangat premium serta mewah.

2. Performa Masih Cukup Kencang.

Ditenagai oleh chip Apple A11, bisa dibilang performa iPhone X masih cukup kencang untuk menjalankan beragam tugas ringan, sedang, bahkan berat. Misalnya untuk bermain game, editing video, apalagi untuk sekedar sosial media.

3. Kualitas Kamera Masih Bersaing Ketat.

Kualitas kamera iPhone X masih bisa dibilang cukup bersaing ketat dengan smartphone menengah ke atas lainnya. Selain itu, beragam fitur seperti mode portrait juga sudah dimiliki oleh iPhone X.

Cocok bagi kalian yang menyukai karakteritik kamera iPhone.

4. Masih Mendukung iOS Terbaru.

Hingga saat ini, iPhone X masih mendukung sampai iOS 16 lho.

5. Daya Tahan Baterai Masih Cukup Oke.

Meski bukan hal yang luar biasa, namun daya tahan baterai iPhone X masih tergolong cukup baik asalkan dengan kondisi baterai yang masih benar-benar prima ya.

6. Harga yang Sudah Sangat Murah.

Ya, yang menjadi salah satu alasan mengapa iPhone ini masih cukup layak di tahun 2023 adalah karena harga yang ditawarkan sudah jauh melampaui harga aslinya dulu.

Dengan beragam keunggulan di atas, kalian bisa mendapatkan harga bekas iPhone X berkisar antara 3 sampai 4 jutaan saja!


Alasan iPhone X Sudah Tidak Layak Lagi di Tahun 2023


1. Sudah Tergolong Tua.

Ya, iPhone X yang dirilis pada tahun 2017 lalu sudah tergolong iPhone Tua di Tahun 2023 ini, dalam arti usianya sudah beranjak 6 tahun sejak dirilis.

Dalam rentang 6 tahun tersebut, sudah cukup banyak perubahan yang signifikan yang terjadi pada iPhone. Sehingga, mengingat dari usianya, tentu iPhone X sudah tidak layak lagi dibeli apalagi untuk penggunaan jangka panjang.

2. Desain Mulai Tertinggal.

Meski mengusung desain layar yang tidak jadul-jadul banget, namun dari segi desain rangka serta desain kamera, tentu iPhone X sudah mulai terasa cukup jadul dibandingkan iPhone 11 atau lebih baru lainnya.

3. Daya Tahan Baterai Tergolong Buruk.

Daya tahan baterai iPhone X sudah tergolong sangat tertinggal jika dibandingkan iPhone terbaru lainnya.

Ya, mengingat teknologi yang diusung serta kebutuhan kinerja aplikasi modern yang semakin meningkat, bukan tidak mungkin penggunaan daya baterai akan jauh meningkat.

4. Kualitas Kamera Tertinggal Cukup Jauh.

Jika dibandingkan dengan iPhone di atasnya, sebut saja iPhone XS apalagi iPhone 11, maka kualitas kamera iPhone X bisa dibilang sudah tertinggal cukup jauh!

Apalagi iPhone X tidak memiliki kamera Ultra Wide dan Mode Malam (Night Mode) yang sudah umum dimiliki banyak smartphone saat ini.

5. Performa Mulai Kewalahan.

Ya, meski masih bisa menopang beragam kebutuhan game hingga aplikasi berat, namun ada harga yang harus dibayar untuk itu, yakni kebutuhan daya yang semakin boros, kemungkinan menjadi lambat yang tinggi, serta panas berlebihan.

Bisa dibilang, iPhone X sudah mulai cukup kewalahan dalam menjalankan beragam game atau aplikasi terbaru yang ada saat ini.

Hal ini sudah ditandai juga dengan tidak sedikitnya game terbaru dengan grafik tinggi yang mulai menghapus iPhone X dari daftar dukungannya.

6. Dukungan Update iOS yang Tidak Lama Lagi akan Dihentikan.

iPhone X dikabarkan tidak lama lagi akan kehilangan dukungan update iOS baru menyusul iPhone 7 dan iPhone 7 Plus yang dihentikan tahun 2022 lalu. Mungkin saja iPhone X tidak akan mendapatkan update iOS 17 atau setidaknya update iOS 18 tahun depan.

Kabar buruknya lagi, banyak fitur pada iOS terbaru yang tidak dapat dijalankan oleh iPhone X karena keterbatasan teknologi dan performa. Misalnya fitur Live Text yang sudah muncul di iOS 15 serta fitur Wallpaper Depth Effect di iOS 16.

7. Ukuran Layar Tergolong Kecil.

iPhone X memiliki ukuran layar 5.8 inci yang bagi sebagian besar pengguna tergolong cukup kecil dan sudah ditinggalkan oleh Apple sejak cukup lama (sejak iPhone 12).

Saat ini iPhone terbaru yang dirilis oleh Apple memiliki ukuran standar setidaknya 6.1 inci yang tergolong pas tidak terlalu kecil namun tidak terlalu besar juga.

8. Belum Mendukung 5G.

iPhone X merupakan salah satu jajaran iPhone yang belum mendukung jaringan 5G. Ya, iPhone yang sudah mendukung jaringan 5G hanya terdapat pada jajaran iPhone 12 atau lebih baru saja.

9. Rentan Di-hack.

iPhone X dan lebih lama merupakan iPhone yang cukup mudah untuk dihack atau diretas bagi seseorang yang sudah ahli atau berpengalaman.

Mengapa? kembali ke tahun 2019 di mana komunitas jailbreak iPhone dihebohkan dengan penemuan eksploit yang dinamakan "checkm8" pada perangkat keras iPhone X serta beberapa model iPhone yang lebih lama lainnya.

Karena berdasarkan perangkat keras, maka eksploit atau celah keamanan ini tidak bisa diperbaiki melalui update iOS (perangkat lunak) oleh Apple.

Hal ini menyebabkan iPhone X dan beberapa yang lebih lama lainnya, jauh lebih rentan untuk di-jailbreak serta di-bypass atau dibuka paksa kunci password atau iCloud-nya.

10. Harga.

Dengan rentang harga yang berkisar antara 3 sampai 4 jutaan, merupakan pilihan yang sangat bijak jika kalian bisa menabung atau bersabar sedikit untuk mendapatkan iPhone yang jauh lebih layak.

Selengkapnya, bisa kalian cek pada bagian alternatif pengganti iPhone X di bawah berikut.

Alternatif iPhone X di Tahun 2023


Alih-alih memilih iPhone X dengan banyak kekurangan yang dimilikinya di tahun 2023 ini, berikut daftar alternatif iPhone yang masih sangat layak bahkan untuk penggunaan jangka panjang, namun memiliki harga yang terjangkau.

Alternatif Terbaik dengan Harga Lumayan:

1. iPhone 12

Bagi yang budgetnya sangat terbatas iPhone 12 adalah pilihan iPhone paling tepat di tahun 2023, sebab iPhone 12 sendiri sudah mengusung beragam fitur cukup lengkap dengan kualitas kamera, layar, dan daya tahan baterai yang sangat baik.

2. iPhone 13

Masih punya budget lebih? ingin beli iPhone untuk penggunaan jangka panjang? iPhone 13 dengan segudang fitur dan beragam kelebihannya kini memiliki harga yang cukup murah tidak semahal iPhone 14.

3. iPhone 14

Mau investasi jangka yang jauh lebih panjang lagi? mau dapat iPhone dengan segudang fitur terbaik di tahun 2023? maka jawabannya ada di jajaran iPhone 14.

Alternatif Terbaik dengan Harga Murah:

1. iPhone 11

Jika iPhone 12 tidak memungkinkan, maka iPhone 11 adalah pilihan yang sangat perlu kalian pertimbangkan karena sudah mengusung desain kamera besar dengan fitur Ultra Wide dan Night Mode.

2. iPhone XR, iPhone XS, atau iPhone XS Max

Alternatif iPhone murah lainnya jatuh untuk iPhone XR, iPhone XS dan iPhone XS Max, terlebih untuk iPhone XS Max yang sudah memiliki ukuran layar besar serta daya tahan baterai yang jauh lebih baik.

3. iPhone SE Gen-2 (2020)

iPhone SE Gen-2 cocok bagi kalian yang menginginkan iPhone murah dengan desain lama namun memiliki performa hampir setara iPhone 11 dengan serta kualitas kamera hampir setara iPhone XS.


Penutup...

Untuk pendapat Admin pribadi iPhone X di tahun 2023 sudah sangat tidak layak dibeli. Sebab dengan harga yang ditawarkan kalian bisa memilih yang jauh lebih baik, setidaknya iPhone XR atau iPhone XS.

Bagi yang budgetnya sangat terbatas, ya iPhone XS atau XS Max bisa menjadi pilihan. Namun alangkah baiknya untuk mempertimbangkan berkali-kali lagi untuk mendapatkan iPhone 12 atau setidaknya iPhone 11.