Aplikasi / Games Menghilang dari App Store? Begini Cara Menemukannya

Pernahkan kalian mencari Aplikasi yang sebelumnya ada di App Store tetapi setelah di cari ulang ternyata tidak juga di temukan? ya saya juga pernah mengalaminya bahkan 3 seri aplikasi ( games ) yang sudah saya beli dengan harga yang cukup mahal setelah di cari ulang tidak ketemu, walaupun begitu saya berhasil menemukan dan mendownloadnya kembali menggunakan cara simple yang akan saya jelaskan di bawah.


Sebelum melanjutkan perlu di ketahui terlebih dahulu faktor-faktor yang mempengaruhi hilangnya aplikasi dari App Store :

Aplikasi sudah tidak di Update lagi

Aplikasi yang sudah tidak di update lagi oleh developer biasanya akan di beri peringatan oleh Apple hingga level tertentu di mana aplikasi tidak lagi kompatibel dengan pembaruan iOS maka aplikasi tersebut akan di gusur oleh Apple dari App Store.

Aplikasi Jahat / Malware?

Apple beberapa kali kecolongan aplikasi malware yang membahayakan privasi penggunanya, jika ketahuan oleh Apple maka tidak banyak basa-basi aplikasi tersebut langsung di gusur oleh Apple.

Baca Juga : Cara Mencegah Penurunan Angka Kesehatan Baterai iPhone

Aplikasi ganti Nama?

Terkadang developer aplikasi tertentu sengaja melakukan branding ulang demi mendongkrak inovasi yang mereka lakukan, tidak di duga-duga ternyata namanya pun ikut di ganti, pastikan kalian mencari informasi developer untuk menemukan aplikasi yang kalian cari.

Aplikasi tidak Kompatibel

Jika iOS atau iPhone yang kalian gunakan tidak memenuhi kriteria yang di butuhkan oleh Aplikasi ( misalnya sudah terlalu tua atau versi iOS tidak di dukung ) maka kalian tidak dapat menginstall aplikasi tersebut.

Aplikasi di Hapus Developer

Hal tidak terduga seperti ini biasanya Developer sudah memberitahukan kepada para penggunanya melalui media sosial bahwa mereka akan menghapus aplikasinya dari App Store entah karena developer sudah tidak berminat mengembangkan aplikasinya atau alasan lainnya.

Cara Mengembalikan Aplikasi Yang Hilang dari App Store

Nah ada beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk mengembalikan aplikasi yang menghilang dari App Store walaupun sudah di hapus oleh Apple ataupun Developer aplikasi, berikut ini dia :

#1 : Cari Melalui Menu Riwayat Download / Pembelian

Setiap aplikasi yang kalian download atau beli akan secara otomatis tersimpan pada bagian Riwayat Pembelian ( Purchased ) pada Akun yang di gunakan, walaupun aplikasi tersebut sudah di hapus oleh Apple ataupun si Developer itu sendiri tetapi Apple tidak benar-benar menghapusnya secara total melainkan kalian dapat mendownloadnya ulang dengan catatan bahwa sebelumnya aplikasi tersebut pernah kalian download atau beli.

Lalu bagaimana cara mendownloadnya ulang? silahkan ikuti cara berikut :

#1 : Buka App Store pada iPhone / iPad kalian kemudian masuk ke menu Pembaruan kemudian pilih gambar Profil kalian yang ada di pojok kanan atas


#2 : Setelah itu pilih menu " Dibeli / Purchased "


#3 : Sekarang silahkan masukkan nama aplikasi yang kalian cari.

Baca Juga : Cara Mudah Menampilkan Layar iPhone ke Laptop atau Macbook Menggunakan Wifi


Catatan : Jika tombol download tidak dapat di tekan / berwarna abu-abu hal tersebut menandakan aplikasi tersebut sudah tidak kompatibel dengan iOS yang kalian gunakan.

3 games pada gambar di atas adalah contoh di mana pada tahun lalu sang developer telah menghapusnya, tapi untungnya karena saya telah membeli ketiga games tersebut maka dengan cara-cara di atas saya dapat mendapatkan games tersebut kembali.

Sedih juga melihat aplikasi atau games yang sudah kita gunakan sejak lama menghilang begitu saja, ketiga contoh game di atas sudah saya mainkan sejak perilisan pertamanya pada tahun 2011 menggunakan iPhone 4S :(

Gambar di mana Apple mendemonstrasikan Infinity Blade pada tahun 2011 untuk iPhone 4S

#2 : Sideload Aplikasi Menggunakan Cydia Impactor

Jika memang aplikasi tidak di temukan menggunakan cara di atas jalan satu-satunya untuk mendapatkan aplikasi tersebut kembali adalah dengan cara sideload alias install file .IPAnya yang kalian miliki.

Untuk informasi selengkapnya tentang cara install aplikasi .IPA silahkan baca postingan berikut : Cara Install Aplikasi IPA di iOS Tanpa Jailbreak

Baca Juga : Mengenal Format IPA pada iOS iPhone dan Bukan APK

Sekian cara yang bisa kalian lakukan untuk mengembalikan aplikasi yang menghilang dari App Store, biasanya dengan cara pertama di atas kalian sudah dapat menemukan aplikasi yang kalian cari.

Jangan lupa follow saya di twitter ya.. @pukeva untuk informasi bermanfaat terupdate lainnya, Terima Kasih!