Cara Memperbaiki Baterai iPhone Tidak Mau Bertambah Saat di Cas

Normalnya ketika iPhone dicas/charge/diisi daya maka baterai akan bertambah seiring dengan waktu, biasanya untuk iPhone model lama membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam untuk penuh (dari nol), sedangkan untuk iPhone model terbaru dengan fast charging sekitar 1 hingga 2 jam.


Tapi apa jadinya jika ketika kalian ngecas iPhone tersebut dan daya baterainya tidak kunjung naik atau bertambah padahal sudah didiamkan berjam-jam?

Nah, ada banyak faktor yang dapat menyebabkan kenapa baterai iPhone (termasuk iPad dan iPod) yang tidak bertambah-tambah juga ketika dicas, pada postingan kali ini saya akan membahas apa saja faktor yang dapat menjadi penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya.

Baca Juga : Cara Mengatasi iPhone dan Android Yang Cepat Panas Saat Bermain Game Berat

Berikut penyebab dan cara-cara yang dapat kalian lakukan untuk memperbaikinya :

Overheat (Kepanasan)

Apabila dalam keadaan panas (overheat) maka iPhone akan membatasi pengisian daya hingga maksimal 80% saja, tujuannya yakni untuk melindungi komponen baterai dari kerusakan.

Untuk itu apabila iPhone kalian memang dalam keadaan panas, silakan dinginkan iPhone terlebih dahulu kemudian coba charge kembali. Selama dicharge pastikan untuk tidak memainkan iPhone tersebut.

Cek Apakah iPhone Tercas atau Tidak


Hal yang pertama ini terlihat sepele tetapi banyak orang yang terlalu panik sehingga tidak memperhatikan apakah iPhone kalian sudah tercas atau belum, jika belum pastikan kabel yang kalian gunakan sudah dicolok ke Stop Kontak dengan benar, jika tidak bisa juga coba cabut kemudian dicolok kembali.

Cabut Pasang Lagi

Biasanya kabel yang menuju ke iPhone tidak terpasang dengan baik atau iPhone tidak merespon saat dicas, cara mudah memperbaikinya kalian hanya tinggal mencabut kabel charger tersebut dari iPhone kemudian coba pasang kembali.

Cek Stop Kontak

Untuk yang satu ini sering terjadi dimana stop kontak tempat kalian menyambungkan Charger ternyata bermasalah atau rusak, coba sambungkan ke stop kontak lainnya dan lihat apakah mau terisi atau tidak.

Coba Restart iPhone

Bisa saja hal ini disebabkan karena Bug pada iPhone atau iPhone tidak merespon input daya dengan baik, cara mudah memperbaikinya silakan matikan iPhone kemudian tunggu beberapa detik lalu nyalakan kembali.

Port Charger Kotor

Sudah pakai Charger lainnya tetapi tetap tidak terisi? coba cek apakah lubang charger di iPhone kalian kotor atau tidak, jika kotor bersihkan dengan cara ditiup kencang, apabila ada benda kecil yang menyangkut silakan bersihkan menggunakan tusuk gigi atau bahan plastik kecil yang bisa masuk (ingat jangan masukkan benda yang dapat menghantar listrik seperti besi, tembaga, dan lain-lain).

Charger Bermasalah


Ini yang paling sering terjadi, di mana ternyata Charger/Casan kalian lah yang menjadi penyebabnya, untuk memastikan hal ini silakan pinjam charger milik teman, keluarga, atau tetangga kemudian coba dicas, jika terisi maka charger kalian sudah harus diganti, cek juga apakah kepala charger kalian masih berfungsi dengan normal atau tidak jika iya silakan ganti kabelnya saja, pastikan beli yang original ya.

Baca Juga : Cara Mencegah Penurunan Angka Kesehatan Baterai iPhone

Coba Sambungkan ke PC/Laptop

Bagi yang memiliki PC/Laptop/Mac coba sambungkan iPhone kalian dan lihat apakah mau tercas? jika iya dan bahkan bertambah bisa jadi kepala Charger kalian bermasalah, silakan perhatikan lagi cara no #6 di atas.

Cas Dalam Keadaan Off

Trik ini simple dan mudah-mudahan dapat membantu, cas iPhone kalian dalam keadaan off/mati, apabila mau terisi hal ini menandakan ada bug mungkin pada iOS yang sekarang kalian gunakan, jika sudah terisi penuh silakan update iOS kalian ke iOS terbaru, caranya masuk ke Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

Nonaktifkan Pengisian Daya Optimal

Apabila hal ini terjadi disela-sela waktu tidur atau waktu di mana pengguna sebenarnya jarang menggunakan iPhone tersebut, maka fitur "Pengisian Daya Optimal" adalah penyebab utama mengapa iPhone hanya mentok di 80% saja ketika dicharge.

Untuk menonaktifkannya silakan masuk ke aplikasi Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai lalu nonaktifkan menu Pengisian Daya Optimal.

Baterai iPhone Bermasalah


Jika semua cara di atas sudah dilakukan (sudah pakai charger lain, restart, update iOS dan lain sebagainya) ternyata tidak membuahkan hasil juga, ada kemungkinan besar baterai pada iPhone kalian bermasalah.

Coba cek menu Pengaturan (Settings) > Baterai (Battery) > Kesehatan Baterai (Battery Health) dan lihat skor Kapasitas Maksimal/Maximum Capacity menunjukkan angka berapa? apabila sudah parah maka akan menunjukkan angka di bawah 80% hingga 70% dan sudah seharusnya diganti. Untuk lebih pastinya lagi kalian dapat membawa iPhone tersebut ke tempat servis Smartphone yang telah terpercaya atau langsung authorized service Apple di Indonesia.

Baik, sekian tips dan cara-cara yang dapat saya bagikan untuk memperbaiki baterai iPhone kalian yang tidak mau bertambah saat dicharge, jika sudah teratasi kalian bisa membagikan pengalaman kalian pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih.

Baca Juga : Kenapa Baterai iPhone Boros Banget? Berikut Penyebabnya