Cara Memotong / Crop Video Di iPhone Tanpa Aplikasi

Bagi kalian pengguna iPhone, iPad maupun iPod touch yang ingin memotong ukuran video, pada postingan kali ini admin akan membagikan caranya. Namun sebelumnya admin sudah mengira-ngira bahwa definisi " Memotong atau Crop " memiliki 2 arti, pertama memotong durasi video atau yang kedua memotong ukuran frame video. Nah kali ini admin akan membagikan kedua cara tersebut.


Cara yang akan admin bagikan ini dapat kalian lakukan tanpa bantuan aplikasi apapun dan hanya memanfaatkan aplikasi foto galeri bawaan iPhone, kalau begitu langsung saja ikuti caranya berikut ini.

Sebagai tambahan, untuk berjaga-jaga apabila edit gagal kalian bisa menduplikatkan video tersebut sehingga menjadi dua. Caranya saat membuka video silahkan tap icon kotak dengan panah keatas ( dipojok kiri bawah ) kemudian tap duplikatkan untuk menyalin video agar menjadi dua, sehingga apabila gagal edit yang aslinya masih tetap utuh. Atau dalam kasus tertentu kalian bisa menggunakan cara Revert melalui link dibawah berikut. 

Baca Juga : Cara Mengembalikan Foto / Video Yang Diedit Di iPhone ke Bentuk Semula

Jika semua sudah dipersiapkan, langsung saja berikut tutorialnya :

Cara Memotong / Crop Ukuran Frame Video

#1 : Buka video yang akan dipotong

#2 : Kemudian tap menu Edit dipojok kanan atas


#3 : Setelah itu pilih menu Crop / Resize seperti yang ditunjukkan gambar berikut


#4 : Setelah itu, kalian bisa melihat sudut putih diujung kanan-kiri ( bawah-atas ) video, silahkan tap dan seret sudut tersebut untuk mengecilkan ukuran frame video ke ukuran yang kalian inginkan


#5 : Jika sudah tap Selesai untuk menyimpan perubahan, dan lihat hasilnya

Baca Juga : Cara Menampilkan Tanggal, Waktu & Lokasi Pada Kamera iPhone

Cara Memotong Durasi Video

#1 : Seperti diatas, silahkan buka video yang diingikan kemudian tap menu Edit dipojok kanan atas

#2 : Kemudian pada menu bar preview video yang berada dibagian bawah, silahkan tap dan tahan pada frame yang ada dipojok kiri atau kanannya ( contohnya bisa kalian lihat gambar 1 di bawah yang ditunjuk oleh panah )


#3 : Kemudian seret menu frame tersebut ke durasi yang kalian inginkan ( lihat gambar ke 1 & 2 di atas ), jika diseret dari kiri berarti pemotongan durasi dimulai dari awal video kalau dari kanan berarti dari akhir video.

#4 : Jika sudah selesai tap menu Selesai

#5 : Dikarenakan pemotongan durasi video bersifat permanen dan tidak bisa di kembalikan lagi, kalian akan diberikan dua pilihan


Pilih Simpan Video untuk mengedit video tersebut secara permanen atau tap Simpan Video sebagai Klip Baru yang akan menduplikatkan hasil edit ke video baru ( yang asli tetap ada ).

Baca Juga : Cara Mudah Rotate / Putar Foto dan Video di iPhone

Bagaimana gampang kan? melalui menu Edit video tersebut kalian bisa mengeksplorasi sendiri fitur-fitur editing lainnya, seperti menambahkan efek, merotasi dan lain sebagainya.

Baik sekian informasi cara memotong / crop video di iPhone, iPad dan iPod touch. Apabila ada yang ingin disampaikan atau tanyakan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!