Cara Mengatasi Tidak dapat menyelesaikan pengaturan Touch ID di iPhone

Beberapa pengguna iPhone dengan Touch ID seperti iPhone 6/Plus, 6S/Plus, SE/2, 7/Plus, dan 8/Plus mengalami masalah atau kegagalan saat akan mendaftarkan sidik jari/finger print (Touch ID) yang diikuti dengan pesan:

"Gagal. Tidak dapat menyelesaikan pengaturan Touch ID. Kembali dan coba lagi." atau "Failed. Unable to complete Touch ID setup. Please go back and try again."


Lalu apa penyebabnya dan bagaimana solusi untuk mengatasi masalah tersebut?

Penyebab dan Cara Mengatasi iPhone Tidak dapat menyelesaikan pengaturan Touch ID atau Unable to complete Touch ID Setup

Penyebab dari masalah ini cukup beragam, mulai dari sistem yang bug atau bermasalah terutama apabila sebelumnya Touch ID masih berfungsi dengan baik dan iPhone tidak pernah jatuh, terbentur, atau terendam air. Hingga yang terburuk adanya kemungkinan komponen Touch ID telah mengalami kerusakan.

Berikut adalah cara-cara yang dapat kalian coba untuk mengatasinya:

  • Restart iPhone
  • Bersihkan sensor Touch ID menggunakan kain yang lembut/halus
  • Reset pengaturan iPhone
  • Update ke iOS versi terbaru
  • Pertimbangkan untuk reset iPhone ke pengaturan pabrik (restore melalui iTunes jika memungkinkan)

Apabila setelah mengikuti cara-cara di atas Touch ID tidak juga berfungsi ada kemungkinan sensor Touch ID di iPhone tersebut memang mengalami masalah/kerusakan.

Jika begitu, disarankan untuk menggaransikan iPhone tersebut jika tersedia dan masih dalam masa garansi atau membawanya ke authorized service center resmi Apple.

Sudah Pernah Diganti Sensor Touch ID/Layar Sebelumnya?

Perlu diketahui bahwa mengganti sensor Touch ID atau Tombol Home pada iPhone yang mengalami kerusakan namun tidak melalui layanan yang resmi dari Apple, akan menonaktifkan fungsi Touch ID pada iPhone tersebut. Hal ini umumnya terjadi juga setelah mengganti Layar LCD iPhone ke yang baru tempat di mana sensor Touch ID berada.

Baca Juga: