Cara Downgrade / Install iOS dan iPadOS versi Beta Menggunakan 3uTools

Bagi kalian pengguna iOS iPhone, iPod touch dan iPadOS iPad yang ingin melakukan downgrade versi iOS / iPadOS maupun ingin menginstall iOS / iPadOS versi beta (percobaan) yang tidak dirilis ke publik, pada postingan kali ini admin akan membagikan cara-caranya menggunakan aplikasi 3uTools.


Ya, aplikasi 3uTools merupakan salah satu aplikasi multifungsi yang admin rasa wajib dimiliki setiap pengguna (advance) iPhone dan iPad, sebab selain melakukan flash, downgrade, update, install ipsw atau iOS versi beta, aplikasi 3uTools juga berfungsi untuk membackup data, mengecek informasi perangkat secara mendetail, transfer data foto, musik hingga ringtone dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Cara Cek Apakah iPhone Sudah Pernah di Bongkar atau Service

Kembali ke topik pembahasan, kalau begitu langsung saja tanpa banyak basa-basi lagi ikuti cara berikut untuk melakukan downgrade atau menginstall iOS / iPadOS versi Beta menggunakan aplikasi 3uTools.

Cara Downgrade / Install iOS dan iPadOS versi Beta Menggunakan 3uTools

Pertama siapkan hal-hal yang diperlukan, seperti :

  • Koneksi Internet
  • Komputer / Laptop dengan sistem operasi Windows
  • Kabel Data
  • Kesabaran

Sebelum melanjutkan silahkan backup data-data penting kalian terlebih dahulu, entah menggunakan iCloud, iTunes atau bisa juga melalui menu Backup yang ada di aplikasi 3uTools. Do it at your own risk!

Cara ini hampir sama seperti cara yang sudah saya posting sebelumnya pada : Cara Flash Firmware iOS iPhone Menggunakan 3uTools

#1 : Cara pertama ini boleh di lewati namun nanti saat aktivasi iPhone kalain harus memasukkan akun iCloud yang sebelumnya digunakan pada iPhone tersebut, jika tidak mau kalian bisa mematikan Find my iPhone atau Logout akun iCloud dari iPhone kalian agar terbebas dari aktivasi iCloud, caranya?

  • Logout / Keluarkan iCloud ( disarankan ) : Di perangkat kalian silahkan buka aplikasi Pengaturan > tap akun iCloud kalian dipaling atas > Keluar / Logout
  • Mematikan Find my iPhone : Di perangkat kalian silahkan buka aplikasi Pengaturan > tap akun iCloud kalian dipaling atas > Lacak / Find My > Find My iPhone 

#2 : Sekarang download dan install aplikasi 3uTools, jangan lupa pastikan iTunes juga sudah terinstall ( sebagai driver )

Download - 3uTools
Download - iTunes ( jika sudah ada tidak usah )

#3 : Selanjutnya sambungkan iPhone kalian ke komputer dan buka aplikasi 3uTools, pastikan juga kalian sudah membuka password pada iPhone kalian dan mempercayai sambungan komputer

#4 : Apabila aplikasi 3uTools sudah mendeteksi iPhone kalian sekarang klik pada menu Backup/Restore lalu pilih Backup Now untuk membackup data-data penting kalian, jika tidak mau ya sudah di skip saja..

#5 : Untuk memulai proses flashing silahkan masuk ke menu Flash & JB

#6 : Kemudian pilih versi iOS / iPadOS beta yang ingin kalian install, contohnya seperti gambar di bawah berikut




#7 : Jika sudah klik menu Download untuk mendownload file firmware iOS versi beta tersebut, proses download agak lama karena file firmware / ipsw iOS beta memang berukuran cukup besar

#8 : Setelah selesai, pada menu yang terletak dibagian bawah kalian bisa memilih salah satu dari 3 opsi, yaitu :

  • Retain User's Data : Digunakan untuk mengupdate versi iOS ke versi terbaru tanpa menghapus data
  • Quick Flash Mode : Flash iPhone secara normal dan cepat ( data-data akan terhapus )
  • Anti-Recovery Flash : Flash iPhone dengan menghancurkan seluruh data-data di dalamnya agar tidak bisa dipulihkan kembali ( cocok untuk digunakan sebelum menjual iPhone )

Saran admin silahkan pilih Quick Flash Mode saja apabila ingin menghapus semua data pada iPhone dan menjadikan iPhone baru kembali. Atau jika hanya ingin update gunakan menu Retain User's Data. Dan opsi terakhir jika iPhonenya mau diserahkan ke orang lain gunakan mode Anti-Recovery Flash.

#9 : Jika sudah siap sekarang tekan tombol Flash



#10 : Apabila muncul peesan seperti gambar di bawah berikut, klik lagi Flash


#10 : Apabila muncul peringatan seperti berikut, baca kembali langkah ke #1 diatas, pesan ini muncul dikarenakan kalian belum mematikan Find my iPhone, jika ingin melanjutkan klik ( Yes ) maka saat aktivasi nanti kalian akan diminta memasukkan akun iCloud yang sebelumnya masih terhubung ke iPhone tersebut.


#11 : Sekarang tunggu hingga proses flash selesai, ingat jangan cabut iPhone selama proses flash berlangsung


#12 : Selama proses flash iPhone kalian akan restart dan menujukkan progress bar dan logo Apple, tenang saja hal ini normal dan memang begitu prosesnya 😁, untuk waktu yang dibutuhkan sendiri kira-kira sekitar 30 menit sampai 1 jam, nih contoh iPhone yang admin gunakan.


#13 : Jika proeses flash selesai maka kalian akan melihat tampilan berikut di aplikasi 3uTools


#14 : Terakhir cek iPhone kalian ( tunggu proses boot jika masih ada ) dan lakukan aktivasi iPhone seperti biasanya 😊


Bagaimana gampang kan? jika kalian ingin downgrade atau install iOS versi beta tanpa menggunakan komputer kalian bisa mengikuti caranya yang sudah admin tulis pada postingan berikut : Cara Install iOS / iPadOS versi Beta Tanpa PC

Baik sekian dulu informasi cara downgrade atau menginstall iOS / iPadOS versi beta menggunakan aplikasi 3uTools. Apabila ada yang ingin ditanyakan seputar tutorial diatas entah masih kurang jelas atau dimengerti silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.

Baca Juga : Cara Cek / Diagnosa Kerusakan pada iPhone & iPad menggunakan Aplikasi