Cara Cek iPhone Second/Bekas Masih Bagus atau Tidak

Bagi yang sudah membeli iPhone Second/Bekas dan masih ragu apakah kondisi iPhone tersebut benar-benar masih bagus dan layak digunakan atau tidak. Pada postingan kali ini Admin akan membagikan cara-cara mengetahuinya.

Kalau begitu langsung saja simak ulasannya di bawah berikut ini.

Kondisi Fisik

Kondisi fisik seperti kemulusan bodi maupun layar dapat menjadi indikator apakah iPhone tersebut terawat dengan baik atau tidak.


Apabila terdapat banyak bercak dalam seperti terkupas di bagian bodi iPhone atau bagian layar ada yang retak bahkan pecah, hal tersebut menandakan bahwa iPhone tersebut pernah terbentur atau terjatuh cukup keras sebelumnya.

Hal ini dapat menjadi indikasi kalau kualitas komponen pada iPhone mungkin sudah meragukan.

Namun, apabila kondisinya cukup terawat seperti layar masih cukup mulus (minim baret atau bahkan tidak ada baret) serta bodi yang minim lecet, maka iPhone tersebut memiliki kualitas yang mungkin masih sangat bagus.

Fungsi-Fungsi Utama iPhone

Selain kondisi fisik fungsi-fungsi utama iPhone sangat penting untuk dicek antara lain:

  • Pastikan iPhone tidak tersangkut akun iCloud orang lain dengan cara buka aplikasi Pengaturan lalu cek pada menu bagian paling atas
  • Jaringan WiFi, Kartu SIM, dan Bluetooth
  • Charge iPhone dan pastikan daya bisa terisi
  • Kamera depan (selfie) atau utama (belakang) serta Flash/Senter
  • Tombol-tombol seperti Volume, Lock, dan Silent
  • Speaker bawah dan atas jika stereo (iPhone 7 atau lebih baru sudah stereo)
  • Mikrofon dengan menggunakan aplikasi Memo Suara atau coba lakukan panggilan telepon
  • Face ID (pemindai wajah) atau Touch ID (pemindai sidik jari) yang digunakan untuk membuka iPhone (atur melalui Pengaturan > Face ID/Touch ID & Kode Sandi)
  • GPS dengan mengakses aplikasi Maps/Peta lalu cek apakah lokasi yang dideteksi sesuai atau tidak
  • Giroskop dengan cara memiringkan layar pada salah satu aplikasi dan lihat apakah layar ikut miring atau tidak (sebelumnya nonaktifkan dulu kunci orientasi potret di pusat kontrol dan ingat tidak semua aplikasi atau tampilan dapat dimiringkan)
  • True Tone adalah salah satu fitur layar di iPhone 8 atau lebih baru (cek melalui aplikasi Pengaturan > Tampilan & Kecerahan)

Untuk metode mudah dan lengkap lainnya coba gunakan aplikasi seperti yang dibahas melalui link berikut: Cara Cek/Diagnosa Kerusakan pada iPhone & iPad menggunakan Aplikasi

Kesehatan Baterai (Battery Health/BH)

Hal ini sudah sangat sering Admin bahas kalau Kesehatan Baterai iPhone adalah salah satu faktor yang cukup penting. Sebab Baterai sendiri adalah komponen habis pakai yang kemampuannya akan terus mengalami penurunan seiring waktu dan penggunaan.

Untuk cek Kesehatan Baterai iPhone kalian silakan masuk ke aplikasi Pengaturan > Umum > Kesehatan Baterai.


Batas minimal Kesehatan Baterai (Kapasitas Maksimum) yang baik sebelum baterai kehilangan kemampuannya secara signifikan yakni berada di 80% atau lebih rendah. Jika sudah begitu melakukan penggantian ke baterai yang baru tentu diperlukan untuk mengembalikan fungsi normal baterai.

iPhone dalam kondisi baru dengan Kesehatan Baterai 100% diperkirakan akan mengalami penurunan hingga sekitar 80% dalam waktu 2 hingga 3 tahun penggunaan.

Sedangkan bagi pengguna yang ingin membeli iPhone Second sangat disarankan untuk memilih iPhone dengan kondisi Kesehatan Baterai setidaknya di atas 90% atau yang lebih baik di atas 95%. Hal ini bertujuan agar iPhone tersebut dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang tanpa perlu mengkhawatirkan baterai yang kemampuannya mulai menurun sehingga perlu diganti.



Namun, berhati-hatilah, untuk saat ini cukup banyak iPhone Second yang Battery Health-nya telah dimanipulasi. Selengkapnya: Battery Health iPhone Bisa Dipalsukan, Ini Rahasianya

Pastikan Apakah iPhone Pernah Diservis atau Tidak dengan 3uTools


iPhone yang sudah pernah diservis sebelumnya alias iPhone Rekondisi (Refurbished) terkenal memiliki kualitas yang kurang baik (tak terkecuali iPhone Rekondisi/CPO Resmi dari Apple).

Nah, untuk mengetahui apakah iPhone tersebut pernah diservis sebelumnya dalam arti salah satu komponen iPhone pernah diganti, kalian dapat memeriksanya melalui aplikasi 3uTools di komputer.

Cara-caranya silakan cek melalui link berikut: Cara Cek Apakah iPhone Sudah Pernah Dibongkar atau Service

Meski begitu aplikasi 3uTools tidak sepenuhnya akurat dan cukup sering dimanipulasi. Selengkapnya: Skor 3uTools Bisa Diedit dan Dibuat Hijau Lagi

Pastikan Bukan iPhone Bypass

Tak terkecuali kalian sudah mengetahui dan menerima segala risikonya, iPhone Bypass tidak disarankan untuk penggunaan sehari-hari.

iPhone Bypass merupakan iPhone yang sebelumnya terkunci password (tidak diketahui) atau terkunci jaringan dari operator tertentu, kemudian dimodifikasi (bypass) agar tidak terkunci lagi atau dapat menggunakan jaringan dari operator manapun dengan bebas.

Metode Bypass ini tergolong ilegal dan menyebabkan cukup banyak risiko sewaktu-waktu iPhone dapat terkunci kembali.

Ciri-ciri umum dari iPhone Bypass yakni tidak boleh diupdate ke iOS versi terbaru atau direset pengaturan pabrik.


Penutup...

Apabila ditemukan bahwa kondisi fisik iPhone cukup mulus, fungsi-fungsinya berjalan normal, belum pernah diservis, kesehatan baterai tinggi (di atas 90%), maka bisa dikatakan bahwa kondisi iPhone tersebut masih bagus.

Sebaliknya, apabila kondisi iPhone banyak lecet, bahkan ada beberapa fungsi yang tidak bisa berjalan (misalnya face id, true tone, dll.), merupakan barang rekondisi atau bekas servisan, serta kesehatan baterai rendah (di bawah 90%), maka kondisi iPhone tersebut menurut Admin sudah kurang layak.

Oke itu saja informasi cara cek ataupun ciri-ciri dari iPhone Second yang masih bagus dan tidak. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah. Terima Kasih.