Persiapan Sebelum Update ke iOS/iPadOS 15

Setelah melewati tahap versi beta/percobaan yang panjang, sebentar lagi Apple akan segera merilis iOS 15 dan iPadOS 15 ke publik.

Nah, sebelum perilisan tersebut tiba ada beberapa hal yang perlu kalian persiapkan untuk menyambut kehadiran iOS 15 dan iPadOS 15 tersebut. Apa sajakah itu?

Persiapan Sebelum Update ke iOS/iPadOS 15


1. Backup Data-Data Penting (Opsional)

Untuk menghindari kemungkinan yang meskipun sangat kecil terjadi, yakni gagal update sehingga meyebabkan iPhone bootloop. Silakan backup seluruh data-data penting seperti kontak, foto, atau video ke iCloud atau komputer.

2. Pastikan Ruang Penyimpanan Mencukupi

Pastikan juga bahwa ruang penyimpanan di iPhone kalian masih mencukupi, dalam arti setidaknya agar lebih optimal sisakan setidaknya 10 GB sebagai penampungan data iOS 15 yang akan didownload nantinya.

3. Isi Baterai iPhone Hingga Penuh atau Sambungkan ke Pengisian Daya

Disarankan untuk mengisi baterai hingga penuh terlebih dahulu atau menyambungkan iPhone ke pengisian daya (dicharge) sebelum mengupdate ke iOS 15. Hal ini dilakukan demi mencegah iPhone mati ketika proses update sedang berjalan yang dapat mengakibatkan iPhone bootloop.

Selain itu setelah update selesai kalian juga dapat langsung mengeksplorasi fitur di iOS 15 dengan lebih leluasa tanpa khawatir baterai cepat habis.

4. Restart iPhone

Sebelum mengunduh dan menginstall update iOS 15, disarankan juga untuk merestart iPhone terlebih dahulu (dimatikan lalu nyalakan kembali). Jika sudah, selama proses download dan install berlangsung jangan gunakan iPhone secara berlebihan dulu.

5. Jaringan WiFi yang Kencang

Ukuran update iOS 15 cukup besar sehingga untuk menghemat banyak waktu, persiapkan koneksi internet dari jaringan WiFi.

Umumnya dengan jaringan WiFi yang kencang dibutuhkan setidaknya 2 - 3 jam untuk menyelesaikan download dan install update iOS 15 hingga benar-benar selesai.

Gagal atau Stuck di Memeriksa Pembaruan?


Apabila iPhone gagal memeriksa update iOS 15, silakan restart iPhone kemudian coba kembali. Jika masih gagal, coba restart jaringan WiFi (router) dengan cara aliran listriknya selama beberapa detik, kemudian sambungkan kembali.

Ingin Install Update Melalui Komputer?

Khusus pengguna Mac dengan MacOS Catalina silakan hubungkan iPhone kemudian gunakan Finder untuk memeriksa update iOS terbaru. Sedangkan pengguna Komputer/Laptop Windows dan Mac lainnya, silakan install iTunes dan cek pembaruan iPhone melalui aplikasi iTunes tersebut.

Fresh Install iOS 15

Ingin fresh install iOS 15, dalam arti menghapus seluruh data pada iPhone termasuk iOS sebelumnya, dan menginstall ulang iPhone secara total ke iOS 15? mudah sekali, silakan gunakan metode IPSW seperti yang sudah dibahas pada postingan berikut: Cara Download, Install dan Restore IPSW / Firmware iOS iPhone

Nah, setelah iPhone atau iPad kalian berhasil mengupdate ke iOS/iPadOS 15, jangan lupa juga baca tips dan trik khusus di iOS/iPadOS 15 berikut ini.

Baca Juga: